Lima SD Negeri Ajukan Penambahan Rombel

by

*Dampak Kelebihan Siswa

BATANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang menyatakan jumlah anak usia sekolah yang mendaftar sekolah dasar (SD) mengalami peningkatan.

“Dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ini ada kecenderungan peningkatan jumlah pendaftar,” ungkap Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar, Disdikbud Batang, Yuliyanto, kemarin.

Ia mengatakan, hingga saat ini ada lima SD negeri yang mengajukan penambahan satu rombongan belajar (rombel). Kelima SDN itu, yaitu SD Negeri Wonokerto 1, SDN Sambong 3, SDN Karangasem 2, SDN Kutosari 1, dan SDN Blado.

Yuliyanto mengatakan, pada Tahun Ajaran Baru (TAB) 2021/2022 pihaknya berencana menampung 13.364 siswa atau 477 rombel di 448 SDN di Kabupaten Batang. “Kalau permohonan itu disetujui, maka akan tambah lima rombel lagi,” jelasnya.

Ia mengatakan, bahwa peningkatan itu termasuk dampak dari pembangunan kawasan industri di Batang. Selain itu juga banyaknya muncul perumahan baru di Kabupaten Batang. “Banyak keluarga baru di Batang juga turut berpengaruh pada peningkatan jumlah siswa,” tandasnya. (fel)