Pasar Wajib Disemprot Rutin

by
DISEMPROT - Sejumlah petugas dibantu anggota paguyupan lakukan penyemprotan disinfektan Kantor Pasar Kendal.

*Instruksi Disdag untuk Tekan Laju Covid-19

KENDAL – Sejumlah petugas Kantor Pasar Kendal dibantu anggota Paguyuban Pedagang melakukan penyemprotan disinfektan secara swadaya di area pasar, Jumat (25/6/2021). Penyemprotan dilakukan sekitar pukul 13.00 WIB, yang sebelumnya para pedagang sudah diminta untuk tutup lebih awal.

Koordinator Pasar Kendal, Wiwik Krismiati mengatakan, penyemprotan disinfektan ini sebagai tindak lanjut instruksi pimpinan Dinas Perdagangan Kendal agar semua pasar tradisional menjaga kebersihan, terutama bersih dari virus corona. Tujuannya supaya pasar steril dari virus corona mengingat saat ini penyebaran Covid-19 di wilayah Kendal cukup tinggi. “Ini instruksi dari pimpinan supaya rutin melakukan penyemprotan disinfektan secara swadaya seminggu sekali, rencananya tiap hari Jumat,” katanya.

Plt Kepala Dinas Perdagangan Kendal, Alfebian Yulando mengatakan, menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Kendal Nomor 443.5/1876/2021 tentang PPKM Mikro Masyarakat Umum Zona Merah dan Oranye mulai tanggal 23 – 28 Juni 2021, maka dilakukan pengurangan jam buka seluruh pasar tradisional di Kendal, hanya sampai pukul 10.00 WIB. Pihaknya juga akan melakukan penyemprotan disinfektan secara bergilir terhadap seluruh pasar tradisional. “Penyemprotan disinfektan secara bergilir ini bekerja sama dengan PMI Kendal,” katanya.

Dikatakan, pihaknya juga menginstruksikan agar pasar tradisional di Kendal rutin dilakukan penyemprotan disinfektan seminggu sekali. Protokol kesehatan juga akan diberlakukan secara ketat kepada pedagang dan pengunjung pasar. “Pengawasan prokes akan dilakukan secara ketat,” ucapnya. (lid)