RS Penuh Pasien Covid-19, Wawalkot Ingatkan Toga dan Tomas

by
RAZIA - Petugas gabungan saat menggelar razia pelaksanaan prokes di Pasar Burung Sorogenen.

KOTA – Pada saat seluruh rumah sakit penuh dan sudah menolak pasien Covid-19 yang berharap dapat dirawat inap. Wakil Wali Kota H Salahudin STP mengajak kepada tokoh agama (Toga) dan tokoh masyarakat (Tomas) untuk memberikan teladan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

“Sebagai tokoh yang punya pengaruh. Berilah teladan dengan memberi contoh memakai masker saat berada dalam sebuah acara,” ucap Salahudin yang juga pernah menjadi Sekretaris PCNU Kota Pekalongan, kemarin.

Karena bila mereka cuek dengan tidak memakai masker dan tidak mau menjaga jarak serta tetap bersalaman seperti situasi normal, dikatakan Salahudin dapat berpengaruh pada masyarakat. “

Ingatlah, bahwa pilihan sampean ikut menentukan pilihan pengikut anda. Olah karena itu, berhati hatilah dalam berperilaku,” tuturnya.

Waki Wali Kota menegaskan, Satgas Penanggulangan Covid-19 bersikap tegas kepada siapapun yang melanggar Prokes. “Kami akan rutin melakukan razia. Kali ini kami menyasar dua pusat keramaian yakni Sorogenen dan Jalan Nusantara atau Alun-Alun Kota Pekalongan,” tuturnya.

Salahudin menyampaikan bahwa pengunjung yang ditemukan tak mengenakan masker diberi sanksi. Bersamaan dengan razia tersebut juga dilaksanakan tes swab antigen secara acak.

“Hasil dari swab antigen di Sorogenen, dari 14 orang 1 reaktif. Makanya kami berharap masyarakat betul-betul menerapkan protokol kesehatan. Pasalnya kasus Covid-19 mengalami lonjakan dan Kota Pekalongan telah menjadi zona merah,” tambahnya.