Jelang Portugal vs Prancis : Lebih dari Sekadar Dendam

oleh -
Cristiano Ronaldo dan Antoine Griezmann bakal berduel kembali pada Kamis (24/6) dini hari WIB (Uefa.com)

Duel panas tersaji di partai pamungkas Grup F Euro 2020 pada Kamis (24/6) dini hari WIB. Juara Euro 2016, Portugal, meladeni Prancis yang berstatus juara Piala Dunia 2018. Laga kedua tim digelar di Stadion Puskas Arena, Budapest, Hungaria.

Pertandingan nanti tak hanya adu pemain-pemain bintang di kedua tim, namun sarat dengan kepentingan. Bagi Prancis, pertemuan dengan Portugal seolah membuka luka lama. Maklum saja, ambisi Prancis menjuarai Euro 2016 di depan publik sendiri kandas di tangan Portugal usai kalah 0-1 di final. Tak pelak, kemenangan nanti setidaknya untuk melunaskan dendam lama.

Toh, laga nanti bukan sekadar dendam. Prancis memang sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar. Lolosnya Les Bleus tak lepas dari hasil pertandingan terakhir di Grup B dan C. Hanya, tim asuhan Didie Deschamps itu bertekad untuk menjadi juara Grup F. Hanya dengan kemenangan ambisi itu bisa tercapai.

Dengan menjadi juara Grup F, maka bisa terhindar dari tim besar. Pasalnya, andai kalah dan berstatus runner-up Grup F, maka akan melawan Inggris yang berstatus juara Grup D. Juara Grup F bakal bertemu tim peringkat ketiga dari Grup A atau C.

Di satu sisi, Portugal butuh kemenangan untuk memastikan lolos ke 16 besar. Tim asuhan Fernando Santos itu kini berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup F dengan 3 poin. Setidaknya hasil imbang atau kalah, dengan selisih tidak lebih dari dua gol, sudah cukup untuk meloloskan Portugal, minimal sebagai salah satu tim peringkat ketiga.

Portugal sendiri masih bisa menjuarai Grup F, jika mampu mengalahkan Prancis. Tetapi itu masih tergantung pertandingan Jerman melawan Hungaria. Jika Jerman menang, dan Portugal juga mengalahkan Prancis, maka Jerman yang menjadi juara Grup F karena Jerman unggul head to head dari Portugal.

Pelatih Les Bleus, Didier Deschamps mungkin masih ingin menuntut balas kekalahan dari Portugal dalam final Euro 2016. Dan, dia merasa tak punya beban apa-apa jika harus tampil ngotot mengalahkan Portugal karena dipastikan sudah melaju ke 16 besar. Oleh karena ini pertandingan adu gengsi, maka duel nanti akan sama sengitnya dengan pertandingan final Euro.

Keinginan menyajikan pertandingan sekelas final ini ditegaskan sendiri oleh Deshamps. “Kami masih memegang kartu. Jika kami menang maka kami akan finis urutan pertama,” kata Deschamps.

Kalimat Deschamps itu mengartikulasikan kata menang yang bukan hanya diasosiasikan kepada juara grup, tetapi juga kepada hasrat Les Bleus membalas kekalahan dari Portugal lima tahun silam di Stadion Stade de France, Saint-Denis, Prancis.

Usai pertemuan di final Euro 2016, sejatinya Prancis dan Portugal telah bersua dua kali, tepatnya di ajang UEFA Nations League 2020-2021 di Grup 3. Kala itu, Portugal kalah 0-1 saat menjamu Prancis dan bermain imbang 0-0 di markas Prancis. Namun, bagaimanapun bertemu di level sekelas Euro jelas berbeda.

Laga Portugal kontra Prancis pada Kamis (24/6) dini hari nanti disiarkan langsung oleh RCTI dan iNewsTV. Pantang untuk dilewatkan. (jawapos)

Grup F
Portugal vs Prancis
– Stadion Puskas Arena, Budapest
– Kamis, 24 Juni 2021, Pukul 02.00 WIB
– Live RCTI, iNewsTV

*Jadwal sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya tergantung stasiun televisi bersangkutan.