Covid-19 Melonjak, Warga Diajak Rajin Minum Jamu

by
LAUNCHING - Pemerintah Kabupaten Kendal melaunching Gerakan Minum Jamu, Jumat (18/6/2021) di Griya Sehat Kendal.

KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal melaunching Gerakan Minum Jamu, Jumat (18/6/2021), di Griya Sehat Kendal. Gerakan minum jamu ini anjuran dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Ferinando Rad Bonay mengatakan, dengan rutin minum jamu setiap hari akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan daya tahan tubuh menjadi lebih baik. Dalam kondisi pandemi Covid-19, imunitas tubuh harus dijaga supaya tidak mudah terkena virus corona. Bahan jamu mudah didapat di sekitar kita, seperti jahe, kunyit, temulawak dan banyak lainnya. “Kita bisa membuat jamu sendiri dengan bahan-bahan yang banyak dijumpai di sekitar kita, sehingga lebih murah,” katanya.

Dinas Kesehatan Kendal juga membuka Cafe Jamu di Griya Sehat, yang diharapkan bisa menjadi gaya hidup kaum muda. Harapannya, anak-anak muda akan menggemari ramuan jamu, karena dikemas sebagai minuman yang segar dan sehat. “Di Cafe Jamu ini bisa minum jamu siap saji, juga ada kemasan yang bisa diracik sendiri di rumah,” jelasnya.

Plt. Direktur RSUD Soewondo Kendal, dr Budi Mulyono, pun menganjurkan rutin minum jamu. Bahkan menganjurkan agar di rumah menanam apotek hidup untuk konsumsi sendiri. “Jamu atau ramuan herbal sangat baik untuk kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit,” katanya. (lid)