Lewat Pentas Virtual, Seniman Ingin Bantu Edukasi Covid-19

by
SIAPKAN - Seniman Batang mempersiapkan pertunjukan virtual untuk menangkal Covid-19.

BATANG – Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan mendorong para seniman Batang yang tergabung dalam Forum Komunikasi Media Tradisional (FKMETRA) di bawah naungan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menginsiasi pentas virtual. Pagelaran ini diharapkan bisa menghibur sekaligus mengedukasi masyarakat.

Sutradara pentas, Ahmad Zaenuri menjelaskan, pementasan secara virtual ini bakal dikolaborasikan dengan tradisi berbalut kearifan lokal Tahu Robyong. Lewat naskah “Panjang Pagebluk”, dia ingin menunjukkan keterlibatan para seniman tradisional dalam ikut menangani pandemi. Tema ini mengandung filosofi bagaimana mencetak manusia hebat semisal membuat tahu berkuaitas.

“Pementasan ini nantinya merupakan bukti kami ikut berpartisipasi mengkampanyekan bahwa virus corona itu betul-betul ada di tengah kita. Tapi masih ada saja yang tidak percaya, maka lewat pementasan ini semoga masyarakat memiliki kesadaran,” ungkapnya saat dihubungi melalui WhattsApp, Sabtu (19/6/2021).

Kegiatan tersebut merupakan hasil kerja sama antara Diskominfo Batang dengan Diskominfo Jateng melalui program Pengembangan Informasi dan Komunikasi Daerah (PIKD).

Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Puji Setyowati mengatakan, Batang menjadi salah satu dari 6 kabupaten/kota se-Jawa Tengah di antaranya Temanggung, Surakarta, Salatiga dan Pati, yang ditunjuk menampilkan kesenian rakyatnya untuk memeriahkan nonton bareng secara virtual.