12 Nakes dan Pegawai RSUD Batang Positif Covid-19

by
Ilustrasi. Di's Way

BATANG – Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kabupaten Batang yang positif Covid-19 ternyata tidak hanya terjadi di puskesmas Subah saja. Ternyata ada 12 Nakes dan pegawai yang bekerja Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kalisari Batang terkonfirmasi positif virus Corona.

Hal itu diungkapkan olej pelaksana tugas (plt) kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang, dr Didiet Wisnuhardanto, ketika ditemui awak media.

“Untuk RSUD Batang ada 12 orang yang positif Covid-19, dan saat ini menjalani isolasi mandiri. Mereka yang positif tidak hanya tenaga kesehatan, tapi juga pegawai lain,” ungkap dr Didiet, Jumat (18/06/2021).

Belasan pegawai RSUD Kalisari Batang yang positif Covid-19 itu termasuk Orang Tanpa Gejala (OTG). Karena itulah, mereka menjalani isolasi mandiri.

Kasus positif Covid-19 di lingkungan layanan kesehatan (yankes) melengkapi peristiwa sebelumnya puskesmas Subah.

Sebelumnya 24 nakes puskesmas Subah positif Covid-19. Hasil tracing ada salah satu nakes yang ke Solo mengantar anaknya, dan ternyata dia tertular Covid-19, hingga akhirnya menyebar ke nakes lainnya.

“Untuk Kabupaten Batang saat ini menjadi zona oranye untuk Covid-19. Sesangkan untuk jumlah kasus positif sendiri, setiap harinya masih fluktuatif,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk jumlah bed yang tersisa hanya ada di RSUD Kalisaei Batang dengan jumlah 14 tempat tidur dari 42 tempat tidur khusus Covid-19. Sedangkan untuk ruangan ICU untuk pasien Covid-19 masih ada.

“Hingga saat ini dari hasil tracking belum menemukan mutasi Covid-19 varian delta atau india di Kabupaten Batang,” tandas Didiet Wisnuhardanto. (don)