Kasus Covid-19 Terus Meningkat, PPKM Mikro Kembali Digencarkan

by
Pengurus Rt 01 Rw 05 melakukan upaya penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan Perumahan Villa Saputra Raya, Pasekaran. M DHIA THUFAIL

BATANG – Angka kasus pasien positif COVID-19 di Kabupaten Batang terus mengalami peningkatan.

Berdasarkan data dari Dinkes Kabupaten Batang, empat kecamatan dari total 15 kecamatan di Kabupaten Batang kini berstatus zona merah.

“Tertinggi Kecamatan Batang dengan jumlah pasien positif 96 orang. Kemudian, Subah 35 orang, Kandeman 18 orang, dan Banyuputih 13 orang,” ujar Ulul Azmi, anggota Satgas Penanganan COVID-19, Jum’at (18/6/2021).

Adapun, kata dia, secara kumulatif, total pasien positif COVID-19 mencapai 4.351 orang. Di mana 3.903 orang dinyatakan sembuh, 166 isolasi mandiri, 58 orang dirawat di Rumah Sakit, dan 225 orang meninggal dunia.

“Grafik masih terus meningkat, hari Jum’at ini ada tambahan 41 orang positif, dari sebelumnya Kamis kemarin 34 orang positif,” terangnya.

Dijelaskan dia, dengan adanya peningkatan kasus tersebut, kini Pemkab Batang kembali menggencarkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

“PPKM mikro kembali diterapkan sejak 18 Juni kemarin sampai 28 Juni mendatang. Satgas Jogo Tonggo juga kembali kami aktifkan,” katanya.

Selain itu, kata dia, dalam kebijakan terbaru, Perkumpulan Pengurus Rukun Tetangga (PPRT) Kabupaten Batang juga dilibatkan dalam memerangi COVID-19.

“Hari ini secara serentak di Kabupaten Batang dilakukan upaya penyemprotan cairan disinfektan kembali. Tadi pagi kami apel dan melepas para petugas dari mako Polres Batang,” tandasnya. (fel)