Perempuan Didorong jadi Aktor Inovasi Pembangunan

by
LOMBA - Pemkab Batang melalui Bapelitbang menggelar lomba inovasi perencanaan ekonomi desa berbasis pemberdayaan perempuan.

BATANG – Kesetaraan gender turut menjadi perhatian Kabupaten Batang dalam pembangunan ke depan. Untuk itu, Pemkab melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan (Bapelitbang) menggelar event lomba inovasi perencanaan ekonomi desa berbasis pemberdayaan perempuan, Kamis (10/6/2021).

Lomba ini diharapkan dapat memunculkan dan mendorong peran serta perempuan dalam pembangunan daerah. Sehingga tak hanya laki-laki, tetapi perempuan juga bisa ikut dan bahkan berkolaborasi membangun daerah.

“Lomba ini salah satu upaya meningkatkan kehidupan masyarakat desa khususnya perempuan, yang diharapkan muncul budaya dan aktor inovasi,” ungkap Kepala Bapelitbang, Ari Yudianto.

Dijelaskanya, lomba inovasi perencanaan ekonomi desa berbasis pemberdayaan perempuan ini dalam rangka meningkatkan kapasitas pemerintah , daya saing daerah, indek pembangunan gender dan indek pemberdayaan gender.

“Ada kesetaraan laki – laki dan perempuan yang berkesinambungan dalam pembangunan daerah, yang endingnya meningkatkan kesejahteraan dengan memperkuat SDM,” katanya.