Dinkes Gelar Vaksinasi Massal

by
PANTAUAN - Kapolres AKBP Darno memantau pelaksanaan vaksinasi massal di desa-desa, kemarin.

KAJEN – Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan berupaya keras meningkatkan capaian target vaksinasi Covid-19. Salah satunya dengan melaksanakan vaksinasi massal untuk mendekatkan pelayanan kepada sasaran vaksinasi.

“Cakupan vaksin kita hari ini mulai naik. Ini juga sedang pelasanaan. Semoga ke depan naik lagi. Dan ini dari pihak Polres juga monitoring vaksinasi juga,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Setiawan Dwiantoro, kemarin.

Strategi percepatan vaksinasi, kata dia, pihaknya melaksanakan vaksinasi massal untuk dekatkan pelayanan ke desa. “Ini yang kita upayakan agar cepet,” tandas dia.

Dinas Kesehatan, lanjut dia, bekerja sama dengan pihak TNI, Polri, kecamatan, pemdes, dan lainnya untuk menyukseskan capaian program vaksinasi. “Untuk saat ini memang vaksin di kita sudah didistribusikan ke Puskesmas. Ini sedang berjalan. Pelayanan ada di desa, ada di Puskesmas. Itu upaya kita untuk mendekatkan pelayanan,” katanya.

Ditambahkan, pelayanan vaksinasi di desa merupakan upaya jemput bola ke sasaran vaksinasi. Sehingga masyarakat sasaran tidak berbondong-bondong ke Puskesmas. “Iya, ini juga bisa disebut jemput bola. Jadi bukannya masyarakat berbondong-bondong ke satu tempat. Dan kita terjadwal, digilir, jadi tidak memunculkan kerumunan,” imbuh dia.

Sebelumnya diberitakan, capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Pekalongan masih rendah. Untuk itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan akan menggelorakan percepatan vaksinasi sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.