Saatnya Alokasi CSR untuk Penuhi Kebutuhan Anak

by
Ari Yudianto, Kepala Bapelitbang Batang

*Skema Beasiswa dan Pelatihan jadi Opsi

BATANG – Batang kian berkembang menjadi kota industri setelah berdirinya Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB). Banyak perusahaan kelas internasional ikut menanamkan investasinya di Batang. Pemkab Batang pun berharap ke depan iklim investasi inipun dapat turut mendukung Batang sebagai Kota Layak Anak. Salah satunya peranan perusahaan melalui Corporate Social Responsibility (CSR) yang bisa menyasar kebutuhan anak-anak di Batang.

Hal ini seperti disampaikan Kepala Bapelitbang Kabupaten Batang, Ari Yudianto. Menurutnya, program CSR ini bisa diwujudkan melalui program beasiswa atau pelatihan bagi anak. Di mana ke depannya setelah selesai program tersebut, anak Batang bisa menjadi tenaga kerja terampil dan bergabung dengan perusahaan tersebut.

“Harapannya nanti para investor melalui program CSR mereka bisa memberikan program yang menyasar kebutuhan anak, khsusunya seperti beasiswa. Di mana juga program ini tentunya bisa membantu perusahaan juga untuk mendapatkan bibit unggul tenaga kerja dari bantuan CSR beasiswa untuk anak Batang,” ujarnya.

Ke depan diharapkan mereka tak hanya berinvestasi di Batang, tetapi juga turut berimbas pada peningkatan SDM di Batang. Sehingga anak-anak di Batang dapat terlindungi dan memiliki masa depan yang lebih baik.

“Tentunya program seperti ini saling menguntungkan kedua belah pihak. Di satu sisi anak terlindungi dan tercukupi kebutuhannya. Di sisi lain ketika dewasa nanti, perusahaan juga bisa mendapatkan tenaga kerja yang cakap dan terampil,” pungkasnya. (nov)