Rampung PAT, Pelajar Diperbolehkan BDR

by
Sumanto Kabid Dikdas Disdikbud Batang

BATANG – Disdikbud Batang memperbolehkan sekolah yang rampung melaksanakan penilaian akhir tahun (PAT) secara Luring untuk kembali melanjutkan Belajar Dari Rumah (BDR). Hal ini dapat dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Batang, terlebih jika di daerah tersebut memang tengah ada kasus Covid-19.

“Khusus di Kecamatan Batang memang kami izinkan untuk tatap muka untuk PAT yang lebih sportif. Nah ketika PAT sudah selesai, sementara masih ada sekitar 10 hari untuk pembagian rapor, sekolah diperbolehkan melanjutkan PTM atau memilih BDR. Tentunya keputusan ini harus disesuaikan kondisi terkini sekolah, utamanya melihat angka kasus Covid-19. Mengingat beberapa hari ini juga ada tambahan kasus di beberapa titik,” ujar Kabid Dikdas Disdikbud Batang, Sumanto.

Dijelaskan, sebelumnya guna mendukung pelaksanaan PAT yang sportif sekolah di Kecamatan Batang mengikuti kecamatan lainnya untuk melaksanakan PTM. Ujicoba PTM yang digelar mulai tanggal 24 Mei 2021 tersebut kemudian dilanjutkan dengan PAT yang berakhir tanggal 9/10 Juni 2021 tergantung jenjang SD/SMP.

Selain itu, pihaknya juga berharap untuk pelaksanaan pengambilan rapor dapat dilakukan sesuai Prokes. Jika tidak memungkinkan untuk dilakukan di sekolah, maka mungkin dapat dilakukan opsi jemput bola dengan mengantarkan rapor ke rumah siswa.

“Untuk rapot ini belum bisa dibagikan secara online. Jalan keluarnya memang harus dibagi secara tatap muka. Bisa di sekolah asal tidak berkerumun. Ataupun bisa dengan jemput bola mengantar rapor ke rumah siswa. Yang jelas pembagiannya boleh dengan tatap muka, asalkan terus dengan menegakkan Prokes Covid-19,” pungkasnya. (nov)