Mau Berangkat Haji, Harus Sabar

by

**Antrean Haji Sampai 30 Tahun
**Daftar Juni 2021 Baru Berangkat 2050

KENDAL – Umat Islam yang berniat berangkat atau mendaftar haji sepertinya harus lebih bersabar. Pasalnya, daftar tunggu haji di Kabupaten Kendal kini sudah mencapai 30 tahun. Mereka yang mendaftar pada bulan Juni ini misalnya, maka mereka baru diberangkatkan ke tanah suci pada tahun 2050.

Meski demikian, faktanya lamanya daftar tunggu tak serta merta mengurangi antusiasme masyarakat untuk mendaftar. Di Kantor Kemenag Kendal, setiap hari rata-rata melayani 8-10 orang.

“Tidak menutup kemungkinan jika nanti sudah normal, pemerintah Arab Saudi memperbolehkan ibadah haji bagi warga Indonesia dan kuotanya ditambah bisa maju. Meski pandemi, yang mendaftar haji masih tinggi. Hari ini saja ada 20 orang yang mendaftar haji,” kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kendal, Nur Qoidah, kemarin.

Nur Qoidah mengungkapkan, pihak pelayanan haji tiap hari menerima pendaftar haji, dengan rata-rata dalam satu hari bisa melayani 8 sampai 10 orang yang datang ke Kantor Kemenag Kendal untuk mendaftar. Sekalipun daftar tunggu masih lama, namun umat muslim tetap bersabar mengantre.

“Karena haji merupakan ibadah fisik, maka diharapkan kaum muslim yang masih muda bisa mendaftar sekarang sambil menunggu antrean,” ungkapnya.

Nur Qoidah berharap pandemi Covid -19 ini segera selesai sehingga umat Islam Indonesia yang sudah mendaftarkan haji bisa melaksanakan rukun Islam yang kelima tersebut. “Jika wabah berakhir dan semoga Indonesia mendapatkan tambahan kuota sehingga yang tadinya daftar antrian panjang bisa berkurang,” harapnya.