Covid-19 Bukan Penyakit Aib

by
Setiawan Dwiantoro

KAJEN – Covid-19 bukan penyakit aib. Bukan penyakit yang harus dikucilkan. Penyakit ini menjadi perhatian bersama karena bisa menjadi wabah. Banyak kasus Covid-19 dengan kategori orang tanpa gejala (OTG). Yakni, orang yang sudah terpapar virus corona tapi tanpa menunjukan gejala. Oleh karena itu, masyarakat yang merasa dirinya tidak nyaman untuk memeriksakan dirinya ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Banyak yang OTG. Banyak yang OTG ini artinya masyarakat yang tidak miliki gejala sudah terpapar, maka dari itu jangan menunggu sakit lebih lanjut. Jika ada rasa tidak nyaman, kondisi kita tidak nyaman, periksakan saja,” pesan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Setiawan Dwiantoro, kemarin.

Apalagi masyarakat dengan mobilitas tinggi. Diharapkan rutin memeriksakan diri agar penyebaran virus corona bisa ditekan.

“Kalau kita dari atau mengunjungi daerah yang merah itu juga harus kita waspadai, karena kita kenanya dengan siapa di mana kita tidak tahu,” ujar dia.

Satu-satunya jalan untuk mencegah penularan virus corona, tandas Wawan, adalah dengan mematuhi protokol kesehatan. Yakni, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, kurangi mobilitas, dan kurangi kerumunan.

“Ini yang harus kita pegang. Yang namanya Covid ini menularkan hanya dari manusia ke manusia. Kalau di antara kita tidak saling berhubungan atau menjaga jarak maka tidak akan terjadi penularan. Itu yang harus kita pahami bersama,” ujar dia. (had)