Kasus Naik, Dinkes Harapkan Sinergi Pencegahan Covid-19

by
VAKSINASI - Dinas Kesehatan terus mengejar target cakupan vaksinasi sebagai salah satu upaya pencegahan Covid-19.

KOTA – Dinas Kesehatan Kota Pekalongan mencatat, kasus Covid-19 kembali mengalami kenaikan yang cukup signifikan pada pekan ini. Berdasarkan data website https://corona.pekalongankota.go.id/ hingga Rabu (9/6/2021) pukul 09.21, kasus Covid-19 Kota Pekalongan tercatat mencapai 2.498 kasus. Rincianya, terdapat 100 kasus aktif dengan 9 orang dirawat dan 91 menjalani isolasi, 2.249 orang sembuh dan 149 orang meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan, Slamet Budiyanto mengaku prihatin karena pekan ini terjadi peningkatan kasus yang cukup signifikan. Dia memperkirakan, kenaikan kasus tersebut masih berkaitan dengan Idulfitri di mana diperkirakan puncaknya akan terjadi pada pekan ke lima hingga pekan ke tujuh pasca Idulfitri.

“Hal ini membuat kita prihatin. Karena memang saat Idulfitri mobilitasi penduduk cukup tinggi, kemudian juga banyak digelar acara atau event sehingga berpengaruh terhadap peningkatan penularan di masyarakat. Apalagi masyarakat kita belum punya kesadaran tinggi dalam menerapkan protokol kesehatan,” tuturnya.

Untuk itu dirinya berharap agar semua pihak bisa berhati-hati dan waspada dengan cara selalu menerapkan protokol kesehatan. Kemudian dirinya juga berharap ada kolaborasi dan sinergi dari semua pihak terkait dalam rangka melakukan pencegahan dan penanganan kasus Covid-19 di Kota Pekalongan.

Sementara itu, Dandim 07/10 Pekalongan Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan melalui Pasi Ops Kodim 07/10 Pekalongan, Kapten Inf Dwi Darmasto dalam rakor pencegahan Covid-19 belum lama ini juga meminta agar penegakan kembali protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19 harus dipertegas.