Tiga Raperda Sah, Hibah dan Bansos Cukup Diatur Perbup

by
SAHKAN RAPERDA - Rapat Paripurna DPRD Kendal, Rabu (9/6/2021), resmi mengesahkan tiga dari empat Raperda menjadi Perda Kabupaten Kendal.

KENDAL – Rapat Paripurna DPRD Kendal berhasil mengesahkan tiga dari empat Raperda, Rabu (9/6/2021), di Ruang Rapat Parupurna. Ketiganya, yakni Raperda tentang Kepemudaan, Raperda Pondok Pesantren, dan Raperda Pembinaan Jasa Kontruksi di Kabupaten Kendal.

Ketiga Raperda tersebut sudah melalui pembahasan panjang oleh Panitia Khusus 2 dan 3 DPRD dengan melibatkan berbagai pihak terkait. Sementara satu lagi Raperda yang urung disahkan, yakni tentang dana hibah dan bantuan sosial, karena dianggap cukup dicover Peraturan Bupati (Perbup).

Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun mengatakan, pengesahan 3 Raperda ini menjadi bagian inisiatif DPRD Kabupaten Kendal dan semangat yang diusung dewan sebagai penyalur aspirasi masyarakat. Perda ini nantinya dapat menjadi acuan bersama agar Pemerintah Kendal lebih bisa hadir dalam membantu kemajuan masyarakat dengan memberikan fasilitas-fasilitas pendukung.

“Adanya tiga Perda ini, ke depan Pemerintah Kendal lebih bisa hadir agar keinginan-keinginan masyarakat tentang kemajuan Kendal ke depan bisa terwujud,”katanya.

Makmun mengungkapkan, seperti halnya Perda Pondok Pesantren nantinya bisa menjadi payung hukum diperlukannya kehadiran pemerintah agar ikut serta mengembangkan dan memajukan pesantren yang ada di Kendal. Sementara Perda Kepemudaan, menjadi satu sentuhan agar pemerintah bisa memberikan pembinaan dan pelatihan terhadap pemuda Kendal. “Raperda melalui pembahasan yang mendalam di 2 panitia khusus (pansus). Mendapatkan fasilitasi juga dari Gubernur Jateng,” terangnya.