Antisipasi Lonjakan Covid-19, Pemkab Pekalongan Siapkan RS Kesesi

by
DIGENCARKAN - Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona operasi pendisiplinan protokol kesehatan di pusat-pusat keramaian seperti kafe kopi dan lainnya akan terus digencarkan Satgas Covid-19 Kabupaten Pekalongan.

Di Puskesmas Kesesi, lanjut dia, memang sudah dipersiapkan untuk menjadi rumah sakit. Bed-nya sudah ada dan sarana prasarananya sudah ada.

“Di sana sudah disiapkan untuk rumah sakit bangunannya sehingga bednya sudah ada. Baru semua. Ada 12 ruangan, ada 50 bed. Itu rencana untuk rumah sakit. Bangunannya sudah ada. Sarana prasarana sudah ada sehingga nantinya apabila kita butuhkan bisa kita manfaatkan untuk itu. Membekap rumah sakit yang sudah ada,” ujar dia.

Disinggung upaya antisipasi penyebaran virus corona karena Kabupaten Pekalongan dikelilingi beberapa kabupaten yang masuk zona merah, Totok mengatakan, pihaknya bersama Polri dan TNI akan rutin melakukan kegiatan pendisiplinan protokol kesehatan di titik-titik keramaian.

“Kita bersama Polri menyikapi maraknya kegiatan. Malam Minggu kemarin kita melakukan kegiatan pendisiplinan ke tempat-tempat keramaian. Kegiatan serupa akan rutin dilakukan,” ungkap dia.

Untuk kegiatan car free day di Alun-alun Kota Kajen setiap hari Minggu pagi, kata dia, tidak akan ditutup. Namun protokol kesehatan akan diperketat.

“Car free day Minggu depan akan ditertibkan untuk pengunjungnya. Tidak ditutup, akan diperketat protokol kesehatannya. Saat car free day tim bersama instansi terkait akan melakukan operasi penegakan disiplin sekaligus kita menyiapkan masker apabila memang betul-betul lupa. Pedagangnya juga diimbau jika tidak pakai masker ya jualan di tempat yang lain,” tandas dia. (had)