Bawaslu Ajak Wartawan Batang Lakukan Pengawasan Partisipatif

by
AUDIENSI - Bawaslu Batang menggelar audiensi dengan PWI Kabupaten Batang di Wisma PWI Batang, Rabu (9/6/2021).

BATANG – Bawaslu Batang turut mengajak peran serta wartawan untuk terjun dalam pengawasan partisipatif pemilu. Hal ini lantaran awak media dianggap punya peranan dalam mengedukasi masyarakat dalam gelaran pemilu ke depan.

“Sebenarnya sudah lama kami menjalin kerja sama dengan rekan wartawan. Khususnya edukasi dan pengawasan pemilu. Wartawan dalam arti PWI ini bisa memaksimalkan informasi yang kami berikan. Dan wartawan bisa jadi pengawas partisipatif, apalagi beliau-beliau ini sering di lapangan. Dari semua elemen sosial masyarakat, ada wartawan. Paling tidak menjadi pengawas partisipatif, khususnya dalam fungsi pencegahan pelanggaran,” ujar Ketua Bawaslu Batang, Mahbrur, usai audiensi dengan PWI Batang, Rabu (9/6/2021).

Pihaknya berharap kerja sama terkait edukasi pemilu ini bisa diselenggarakan mulai dari tahun ini. Sehingga ketika masuk tahapan Pemilu dan Pilkada serentak di tahun 2024, edukasi yang diberikan ke masyarakat semakin maksimal.

Ketua PWI Batang, Kutnadi menjelaskan, PWI dan Bawaslu memiliki kesamaan tugas edukasi masyarakat terkait Pemilu. Tentunya sebagai wartawan pihaknya akan bekerja sesuai dengan undang-undang dan kode etik jurnalistik dalam menyajikan informasi dan edukasi terkait Pemilu dan Pilkada.

“PWI dengan Bawaslu ada kemiripan tugas dalam edukasi Pemilu. Kami harap kami juga dapat memberikan edukasi ke masyarakat, sehingga penyelanggaraan Pemilu ke depan bisa berjalan lancar dan bermartabat. Kami pun akan bertugas sesuai dengan kode etik jurnalistik yang kami pakai,” pungkasnya. (nov)