Enam Bulan, Terjadi 180 Laka Lantas

oleh -
PELATIHAN - Satlantas Polres Barang bersama PSC 119 Dinkes Batang menggelar pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dalam menangani korban kecelakaan.

“Kegiatan ini akan dilakukan secara rutin untuk menggiatkan kembali penanganan-penanganan laka lantas di TKP. Sebab, saat-saat ini sering terjadi laka lantas, jadi biar keahlian para anggota tidak hilang begitu saja,” katanya.

Ia menegaskan, selama menangani korban laka lantas para anggota tidak mengalami kesulitan, namun meski demikian pelatihan bersama PSC 119 perlu dilakukan untuk meningkatkan semangat dalam memberikan pertolongan di TKP.

“Apabila ada korban yang mengalami cidera yang cukup parah seperti patah tulang, anggota kami bersama PSC 119 segera mengarahkan ke rumah sakit terdekat, untuk memperoleh perawatan yang lebih intensif. Tapi kalau hanya membutuhkan perawatan ringan, cukup dirujuk ke Puskesmas terdekat,” jelasnya.

Perawat Pelaksana Teknis Kegawatdaruratan PSC 119 Dinkes Batang, Agung Nugroho Aris Munandar mengatakan, pelatihan yang diberikan berupa manajemen trauma laka lantas. Yaitu penanganan dasar kepada koban laka lantas, supaya dapat meminimalkan cidera dan kematian.

“Jika terjadi laka lantas pastikan dulu semuanya aman, lalu lakukan pengecekan kondisi kegawatdaruratan korban, untuk mempermudah merujuk ke rumah sakit atau Puskesmas,” tuturnya.

Dalam praktiknya, anggota Unit Laka juga diberikan pelatihan tentang evakuasi menggunakan peralatan yang memenuhi standar. tahun ini laka lantas masih didominasi dengan kendaraan bermotor. (fel)