Enam Bulan, Terjadi 180 Laka Lantas

by
PELATIHAN - Satlantas Polres Barang bersama PSC 119 Dinkes Batang menggelar pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dalam menangani korban kecelakaan.

BATANG – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Batang mencatat angka kecelakaan lalu lintas pada kurun waktu enam bulan terhitung Januari hingga Juni 2021 terjadi 180 peristiwa.

Hal itu diungkapkan Kanit Laka Satlantas Polres Batang, Ipda Abdul Khayat pada gelaran pelatihan penanganan Tindakan Pertama di Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) dan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), Selasa kemarin.

“Jumlah laka lantas di Pantura Batang yang terjadi sejak Januari -Juni 2021 sebanyak 180 kali. Adapun pada tahun 2020 lalu sebanyak 300 kali,” ungkapnya.

Ia pun menyebutkan, sejumlah titik rawan laka lantas di wilayah Pantura Kabupaten Batang berada di Surodadi, Kecamatan Gringsing dan Jrakahpayung, Kecamatan Tulis.

“Ya, beberapa titik yang rawan terjadi laka lantas berada di jalur Pantura yakni Surodadi dan Jrakahpayung. Sedangkan untuk di jalur tol, ada di KM 360 dan 372. Oleh karenanya, kami pesan pada pengendara untuk hati hati apabila melalui jalur tersebut,” katanya.

Dijelaskan dia, terkait pelatihan yang digelar bersama dengan PSC 119 Dinas Kesehatan Kabupaten Batang tersebut, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para anggota Satlantas agar mampu menangani korban kecelakaan lalu lintas yang rawan terjadi di jalur Pantura maupun tol Batang – Semarang.