Klaster Takziah, 51 Warga Dilakukan Swab Susulan

by
SWAB SUSULAN - Sebanyak 51 warga menjalani tes swab susulan yang dilakukan petugas Puskesmas Karangsari di RT1, RW4, Kelurahan Karangsari.

**Paska Lockdown Karangsari Adanya Klaster Takziah
**Untuk Memenuhi Kebutuhan Makan Dibuka Dapur Umum

KENDAL – Sebanyak 51 warga menjalani tes swab susulan yang dilakukan petugas Puskesmas Karangsari di RT 1, RW 4, Kelurahan Karangsari, Rabu (9/6/2021). Tes usap itu dilakukan menyusul banyaknya warga di wilayah tersebut yang terkonfirmasi Covid-19. Sehingga hal itu juga membuat pemerintah kelurahan setempat juga memberlakukan lockdown selama 14 hari ke depan.

“Tercatat ada 40 warga yang harus dites swab susulan hari ini, karena mereka sebelumnya tidak hadir saat dilakukan tes swab. Namun di luar ini ada tambahan 11 orang yang diikutkan tes swab di sini. Sehingga total yang ikut tes swab jadi 51 orang,” kata Lurah Karangsari, Gatot Tunggul Wulung, saat ditemui di sela-sela pelaksanaan tes swab. Selain orang dewasa, anak-anak juga tampak ikut menjalani swab.

Gatot mengungkapkan, bahwa dengan dilakukannya tes swab ini, maka total keseluruhan warga yang menjalani tes swab ada sebanyak 121 orang. Jumlah itu mencakup dari pelaksanaan tes swab yang dilakukan kepada 150 orang, setidaknya ada 40 orang tidak hadir. Sehingga harus dilakukan tes swab susulan.

Adapun kasus terpapar Covid-19 di RT 1, RW 4 ini berawal dari sebelumnya ada dua orang warga yang diduga sakit ikut bersama warga lainnya takziah ke wilayah Kelurahan Jotang dalam satu rombongan menggunakan armada bus mini.

“Beberapa warga yang sakit ini tidak menggunakan masker. Dalam satu rombongan bus ini ada banyak orang. Kapasitas bus sendiri tak lebih dari 15 penumpang. Sehingga ada yang bawa tempat duduk sendiri sambil berdesak-desakan. Dari situ kemudian muncul klaster Covid-19 di RT 1, RW 4 ini. Saat itu ada laporan warga satu kampung sakit. Kemudian ditindaklanjuti dengan dilakukan tes swab,” terang Gatot.