Tiga Kecamatan Masuk Zona Merah

by
Ferinando RAD Bonay, Kepala Dinkes Kendal

*Patroli Malam Akan Diintensifkan

KENDAL – Ada tiga kecamatan di Kabupaten Kendal masuk kategori zona merah dengan kasus Covid-19 cukup tinggi, yakni Kendal, Patebon dan Boja. Hal itu berdasarkan laporan data yang ada dan juga data yang diberikan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah.

“Kasus Covid-19 di Kecamatan Kendal dari kalster Lapas dan takziah. Untuk Kecamatan Patebon berasal dari klaster Lapas dan keluarga. Sedangkan Kecamatan Boja dari klaster keluarga,” kata Kepala Dinkes Kendal, Ferinando RAD Bonay, kepada Radar Pekalongan, Selasa (8/6/2021).

Ferinando mengungkapkan, dengan tingginya kasus tersebut, pihak Dinkes melakukan upaya pencegahan yakni tracing untuk memutus mata rantai dan meningkatkan sosialisasi ke masyarakat untuk menerapkan prokes ketat. Pihaknya juga meminta kepada tim Satgas Covid-19 agar kembali mengingatkan masyarakat untuk melakukan pembatasan kegiatan hingga larut malam. “Kami juga minta tim satgas menggiatkan patroli dan menegur masyarakat yang berkumpul sampai malam,” tegasnya.

Pihaknya juga akan melakukan rapat dengan semua kepala Puskesmas beserta camat, Dandim dan Kapolres untuk melakukan percepatan vaksinansi kepada warga yang rentan terpapar virus corona. Sampai akhir bulan Juni target vaksinasi di Kabupaten Kendal sampai 109.000 orang. “Untuk bisa memenuhi target ini, rata-rata tiap hari kita akan vaksin sekitar 330 an orang,” terang Ferinando.

Dijelaskan, hingga Selasa kemarin, data kumulatif Covid-19 di Kabupaten Kendal sudah menembus 7.045 kasus. Di mana setiap hari tren kasusnya mengalami kenaikan. Bahkan tiga hari ini kasusnya tinggi, sebelumnya dua hari lalu ada 80 kasus dan sempat mengalami penurunan pada angka 17 kasus, namun naik kembali pada angka 70 kasus.