78 Warganya Positif Covid-19, Satu RT Dilockdown

by
LOCKDOWN - Puluhan warga terpapar Covid-19, RT 1, RW 4 di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kendal, di lockdown oleh pemerintah kelurahan setempat.

*Diduga dari Klaster Rombongan Takziah

KENDAL – Kasus penularan Covid-19 massal kembali ditemukan di Kabupaten Kendal. Kali ini terjadi di RT 1 RW 4 Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kendal, di mana ada 78 warga yang terkonfirmasi virus corona sesuai hasil tes swab. Untuk mencegah perluasan penularan, pemerintah setempat pun memberlakukan lockdown satu RT DI Gang Cemara Sari tersebut.

Diduga kuat, mereka terpapar saat melakukan takziyah menggunakan bus yang disewanya, dan di dalamnya ada salah seorang warga yang sakit flu dan batuk tanpa menggunakan masker sehingga menulari warga lainnya.

“Mulai hari ini, Selasa 8 Juni 2021 dilockdown selama 14 hari ke depan. Lockdown ini menyusul setelah diketahui 78 warga (RT1 RW 4) positif Covid-19. Yang 8 warga di antaranya tinggal di RT 5 RW 3,” kata Kepala Kelurahan Karangsari, Gatot Tunggul Wulung.

Selama lockdown, tim Satgas PPKM Mikro Kelurahan membuka dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makan warga. Untuk kebutuhan logistik dapur mendapat bantuan dari Baznas Kendal.

Gatot mengungkapkan, awalnya ada warga yang melaporkan ke kelurahan, karena curiga banyak warga satu kampung yang merasakan meriang dalam waktu bersamaan. Kemudian dilakukan tes swab oleh petugas Puskesmas setempat, dan ada 2 warga yang positif Covid-19. Keduanya dirawat di RS Suwondo dan RS Charly. Pada 5 Juni 2021, Puskesmas melakukan tracing dan tes swab kepada warga yang kontak erat dan hasilnya ada 78 warga yang positif.