Pembatalan Haji Tidak Ada Kaitannya dengan Vaksin

by

*Dubes Saudi Luruskan Pemberitaan Haji

BATANG – Duta Besar (Dubes) Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, HE. Ishom Abeed Tsaqafi, menyatakan simpang siur pemberitaan soal haji yang beredar di masyarakat banyak yang tidak benar. Klarifikasi tersebut disampaikan Dubes saat kesempatan berkunjung ke kantor Majlis Ulama Indonesia (MUI) Pusat di Jakarta, Selasa (8/6/2021).

Kunjungan tersebut disambut jajaran petinggi MUI, seperti Ketua Umum MUI KH. Miftachul Akhyar; Waketum MUI KH. Marsudi Syuhud, Sekjend MUI Buya H. Amirsyah Tambunan, Ketua MUI KH. Cholil Nafis, KH. Abdullah Jaidi, Ketua Bidang Luar Negeri Prof. Dr. Sudarnoto Abdul Hakim, Wasekjend MUI Habib Ali Hasan Bahar, Bendahara Umum MUI H. Misbahul Ulum, Wabendum MUI Hj. Erni Juliana, Wakil Sekretaris Komisi Hub Luar Negeri dan Kerjasama Internasional KH. Anizar Masyhadi dan pengurus MUI lainnya: H. Arif Fahrudin, dan H. Azrul Tanjung, H. Khalilurrahman Komisioner BAZNAS, H. Nadratuzzaman Hossen.

Menurut Wakil Sekretaris Komisi HLN-KI, KH. Anizar Masyhadi, kunjungan sejatinya telah diagendakan sejak lama, namun baru terlaksana Selasa kemarin dikarenakan pandemi. “Kunjungan dimaksudkan sebagai silaturahim dan penguatan hubungan Saudi Arabia dengan lembaga-lembaga dan ormas Islam di Indonesia,” kata Gus Anizar melalui rilis yang diterima Radar Pekalongan.

Dalam sambutannya, Dubes Arab Saudi menegaskan bahwa hingga saat ini Kerajaan Saudi Arabia belum memberikan keterangan resmi terkait haji untuk Indonesia dan umumnya untuk negara-negara lainnya, sehingga semua berita yang beredar terkait ibadah haji bagi Indonesia tidaklah benar.

“Bahwa pembatalan ibadah haji oleh Pemerintah RI (Kementerian Agama RI) tidak ada kaitannya sama sekali dengan jenis atau merk Vaksin Covid19 yang digunakan oleh Indonesia,” tandasnya.

Dari pantauan Radar Pekalongan, sejak isu pembatalan haji hingga akhirnya Kemenag RI resmi membetalkan pelaksanaan ibadah haji tahun ini, banyak beredar informasi dan narasi yang membingungkan, baik di media sosial maupun grup-grup WhatsApp (WAG). Bahkan informasi tersebut juga banyak diberitakan sejumlah portal online di tanah air.

Duta Besar juga menyampaikan rasa hormat atas putusan Pemerintah RI yang pada tahun ini tidak memberangkatkan jamaah haji dikarenakan Pandemi Covid19. Hal demikian adalah dalam rangka menjaga faktor kesehatan dan keselamatan.

Duta Besar Kerajaan Arab Saudi menyambut baik rencana kerjasama dengan MUI dalam bidang dakwah dan pendidikan yang berorientasi pada wasatiyyat Islam, tukar pikiran tentang ukhuwah Islamiyah dan emonomi. (sef/red)