Pembangunan Tanggul Bantaran Sungai Loji Mulai Digarap

by
Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada DPUPR, Khaeridin ST

KOTA – Pembangunan tanggul di bantaran Sungai Loji oleh Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Dinas Pusdataru) Provinsi Jawa Tengah, mulai digarap. Tanggul dengan konstruksi sheetpile itu akan dibangun sepanjang 190 meter di bantaran sungai yang ada di Jalan Diponegoro.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada DPUPR, KhaerudiN ST menjelaskan bahwa untuk penanganan banjir di bantaran Sungai Loji akan dibangun tanggul dengan anggaran sebesar Rp2 Milliar.

“Melihat permasalahan rob dan banjir di Kota Pekalongan pada Bulan Februari kemarin, sebetulnya sudah ada beberapa upaya dari Pemkot Pekalongan, Pemprov Jateng dan Kementerian PUPR melalui BBWS Pemali Juana. Salah satunya untuk kegiatan penanganan sungai di Kali Lodji, dimana pekerjaan ini Surat Perintah Kerja (SPK) nya sudah dimulai sejak awal Bulan Mei lalu dan berakhir sampai Oktober 2021 mendatang,sehingga diharapkan target bisa selesai pada Bulan Oktober tahun ini,” terang Khaerudin.

Khaerudin menilai penanganan banjir dari bantaran sungai ini perlu ditangani dikarenakan pada saat kejadian banjir dan rob yang luar biasa pada Februari 2021 lalu air Sungai Loji terutama yang berada di depan Mapolresta sampai dengan Jembatan.

Menurut Khaerudin, awalnya kegiatan penanganan banjir dari Pusdataru Jawa Tengah ini akan menangani banjir di daerah Bugisan yang sudah sejak lama terdampak banjir dari sungai. Namun, pihaknya mengungkapkan, bahwa penanganan banjir di Bugisan ini tetap akan ditangani oleh Kemen-PUPR melalui BBWS Pemali Juana.