Penanganan Galian C Butuh Sinergi Atas Bawah

by
PENJELASAN - Kepala DLH Batang, A Handy Hakim, saat memberikan tanggapannya terkait maraknya aktivitas galian C ilegal di Batang, kemarin.

*DLH: Aktivitas Galian C Rusak Lingkungan

BATANG – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batang ikut angkat bicara terkait aktivitas galian Golongan C di Desa Wonokerso, Kecamatan Limpung yang beberapa waktu lalu disidak oleh DPRD Batang.

Kepala DLH Kabupaten Batang, A Handy Hakim mengatakan, bahwa aktivitas penambangan galian c di alur Sungai Petung, Desa Wonokerso itu jelas merusak lingkungan.

“Kalau praktik penambangan di Wonokerso itu jelas sudah merusak, karena menambangnya di alur sungai, bukan lagi di sepadan,” ujar Handy, Senin (7/6/2021).

Menurut Handy, untuk menangani permasalahan ini, maka dibutuhkan kerjasama atas bawah, mulai gabungan aparat penegak hukum, baik dari unsur kepolisian, Satpol PP, maupun Dinas Pusdataru Provinsi Jateng.

“Untuk penindakan tambang Gol C ilegal merupakan ranah kepolisian. Sedang untuk kerusakan sungai, bisa lapor ke Pusdataru, dan untuk pelanggaran Perda terkait RTRW Satpol PP bisa bertindak,” jelasnya.