Dulu Kumuh, Kini Semakin Asri

by
TANAM POHON - Bupati Kendal Dico M Ganinduto yang ikut mengawali aksi penanaman pohon cemara laut bersama anggota Forkopimda di Pantai Karangsari yang digagas Karang Taruna di Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021.

*Pantai Karangsari Siap jadi Tempat Wisata Baru

KENDAL – Kawasan Pantai Karangsari di Desa Desa Karangmalang, Kecamatan Kangkung, sepanjang 1,5 Km yang dulunya kumuh dan penuh tanaman liar, saat ini kondisinya mulai tampak asri. Karena itu, Karang Taruna setempat bersama warga dan pegiat lingkungan yang selama ini mengikhtiarkan pembersihan lingkungan pantai tersebut, mendorong agar Pantai Karangsari jadi tempat wisata baru.

Hal itu terungkap saat giat bersih pantai dan penanaman pohon dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021, 5-6 Juni kemarin, yang diikuti ratusan orang dari komunitas pecinta lingkungan, penggiat lingkungan, mahasiswa, pelajar dan warga setempat.

Ketua Karang Taruna Desa Karangmalang, Habib Anwar mengatakan, aksi peduli Pantai Karangsari sebetulnya sudah dilakukan sejak 2016 silam oleh pemuda setempat. Sebab mereka menginginkan punya tempat wisata. “Alhamdulillah tahun ini ada dukungan dari desa dan support dari Bupati Kendal yang peduli dengan pengembangan wisata,” katanya, Minggu (6/6/2021).

Saat ini baru 800 cemara laut yang ditanam di Pantai Karangsari. Namun demikian, masyarakat sudah bisa mengunjungi dengan tetap menjaga lingkungannya. “Mungkin butuh beberapa tahun agar pohon-pohon ini bisa tumbuh besar meneduhkan pantai,” ujar Habib.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, pun mengapresiasi aksi dan impian pemuda Karangmalang. Untuk itu, dia mengawali aksi penanaman phon bersama Forkompinda di pantai tersebut. “Kondisi pantai ini memang masih memprihatinkan, sehingga aksi kepedulian ini harus terus digalakkan, agar Pantai Karangsari bisa jadi tempat wisata,” kata Bupati.