Penumpang Kalibodri Melonjak 10 Kali Lipat

by
MENINGKAT - Jumlah penumpang KMP Kalibodri di Pelabuhan Kendal mengalami peningkatan signifikan. Karena penumpang kini cukup menyertakan hasil swab antigen tak lagi swab PCR.

*Pasca Ditiadakannya Syarat Hasil Swab

KENDAL – Pasca arus mudik dan balik Lebaran 2021, ketentuan penggunaan modal transportasi laut sedikit mengalami pelonggaran. Hal itu ternyata berdampak pada melonjaknya jumlah penumpang kapal laut, seperti dialami KMP Kalibodri tujuan Kendal-Kalimantan Tengah, Minggu (6/5/2021).

Seperti diketahui, saat arus mudik lebaran lalu, setiap calon penumpang KMP Kalibodri dipersyaratkan membawah surat keterangan negatif Covid-19 dari hasil tes swab PCR. Namun saat ini persyaratannya diperlonggar dengaan cukup membawa surat keterangan hasil swab antigen. Swab PCR sendiri banyak dikeluhkan penumpang mengingat harganya yang mahal dan membebani biaya tambahan transportasi mereka, sementara antigen diketahui jauh lebih murah dan terjangkau. Dengan kelonggaran tersebut, jumlah penumpang KMP Kalibodri pun kembali melonjak tajam dari pekan-pekan sebelumnya.

Sesuai data UPTD Pelabuhan Kendal, peningkatannya bahkan mencapai 10 kali lipat jika dibandingkan pekan sebelumnya. Hal itu dibenarkan Kepala UPTD Pelabuhan Kendal, Andi Rahmat. Kata dia, hasil swab PCR bagi penumpang alat transportasi laut tak lagi menjadi syarat dengan keluarnya Surat Edaran Gubernur Kalimantan Tengah nomor 443.1/69/satgas covid 19/VI/2021 tertanggal 2 Juni 2021. Namun sebagaimana dalam surat edaran tersebut adalah sebagai gantinya penumpang harus menyertakan hasil swab antigen.

“Kelonggaran ini tetap diawasi ketat termasuk di pelabuhan Kendal akan melakukan pemeriksaan masker. Hasil swab antigen 1X24 jam sebelum pemberangkatan. Jumlah penumpang KMP Kalibodri sekitar 337, di bawah kapasitas maksimal,” katanya.

Dengan tidak lagi menggunakan swab PCR, pihaknya menyambut baik bahkan berpengaruh dengan jumlah penumpang yang mengalami kenaikan drastis. Dengan keluarnya SE tersebut akan memberikan keringanan bagi penumpang.