Masih Banyak Pedagang Tak Patuhi Prokes

by
PROKES- Petugas menemukan sejumlah pedagang tak patuhi Prokes saat patroli di Pasar Tradisional Kabupaten Pekalongan.

**Saat Polisi Patroli

KAJEN – Sejumlah pedagang Pasar Tradisional masih banyak yang tidak mematuhi Protokoler Kesehatan (Prokes). Pelanggaran tersebut ditemukan saat anggota Polres Pekalongan melakukan patroli di sejumlah pasar Tradisional Kota Santri. Sekadar untuk diketahui, kasus Covid-19 di Jawa Tengah mengalami kenaikkan. Sejak 1 Juni sampai 14 Juni 2021, dilakukan penerapan PPKM. Petugas pun terus melakukan patroli. Giat terutama dilakukan di tempat tempat berpotensi terjadinya kerumunan.

Polres Pekalongan dalam giat ke Pasar menerjunkan anggota Sabhara untuk penegakan protokol kesehatan di pasar tradisional di beberapa wilayah di Kabupaten Pekalongan. Saat berkeliling pasar, warga yang tak patuh prokes kelimpungan. Bahkan ada yang sengaja menghindari petugas. Dalam kegiatan tersebut banyak pedagang yang terpaksa ditegur karena tak memakai masker. Tanpa segan, petugas menegur dengan sedikit keras, pedagang yang enggan menggunakan masker.

Kasat Sabhara Polres Pekalongan AKP Sumantri menegaskan bahwa meski pemerintah sudah giat mensosialisasikan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, namun masih ada masyarakat yang mengabaikan aturan tersebut. Misalnya, pedagang yang berjualan di pasar tradisional.

“Dari giat tersebut sebagian dari mereka tidak pakai masker. Ada yang beralasan gerah dan lupa bawa masker, ” katanya.

Padahal, lanjut dia, masker itu untuk melindungi diri dan orang lain. Dengan prokes Ini salah satu cara untuk mencegah tertular Covid.