KLA Pratama Sudah, Batang Bidik Tingkat Madya

by
VERIFIKASI - Pemkab Batang saat menjalani Lapangan Hybrid Evaluasi KLA, di Aula Kantor Bupati Batang, Rabu (2/6/2021).

BATANG – Tahun ini, Kabupaten Batang kembali mentargetkan perolehan predikat Kota/Kabupaten Layak Anak (KLA). Hal ini seperti disampaikan Wakil Bupati Batang, Suyono, saat menghadiri Verifikasi Lapangan Hybrid Evaluasi KLA, di Aula Kantor Bupati Batang, Rabu (2/6/2021).

Beberapa inovasi pun dilakukan Pemkab Batang agar dapat meraih predikat KLA kembali, setelah tahun 2019 lalu mendapatkan KLA Pratama. Seperti intens melibatkan anak dalam forum pemerintahan, pendampingan lintas sektor pada anak berhadapan hukum, penekanan angka pernikahan dini dan lainnya.

“Mari kita optimalkan Batang sebagai Kabupaten Layak Anak, untuk melakukan sosialisasi, mengajak anak untuk melakukan hal yang sesuai dengan keinginan mereka. Di Batang sendiri ketika penganggaran, kami mengundang forum anak. Agar bisa menyampaikan kebutuhan anak. Beberapa sudah tercapai, seperti adanya alun-alun di tiap kecamatan untuk bisa jadi ruang publik untuk anak,” jelasnya.

Selain itu juga Pemkab sudah mencanangkan Puskesmas dan juga sekolah ramah anak. Kemudian ada kolam renang prestasi yang sesuai dengan standar internasional. Selain itu, saat ini tengah digarap GOR indoor di mana merupakan salah satu program aspirasi dari anak-anak Batang.

“Harus kita tanamkan anak bagaimana harus membenci narkoba, membeci free sex, dan juga membenci pernikahan dini. Karena aset terbesar negeri ini adalah bakat dan potensi anak mudanya. Oleh karenanya Pemkab sangat konsern terhadap anak, dan menyiapkan beasiswa agar anak bisa bersekolah dan bisa meningkatkan kualitas hidup anak di Batang,” pungkasnya.