Lihat Anak Tak Terurus, Laporkan ke UPKSAI

by
Kepala Seksi Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial pada Dinsos P2KB, Dwijo Priyono

KOTA – Keberadaan Unit Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (UPKSAI) yang ada di bawah Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P2KB) belum banyak diketahui masyarakat. Tak hanya bertugas mencegah dan menangani anak korban kekerasan, UPKSAI juga dapat menerima pengaduan jika terdapat anak yang tak terurus.

“Misalnya menjumpai tetangga, sanak saudara, atau kerabat dekat terdapat anak yang tidak diurus, ini bisa dilaporkan ke UPKSAI. Sebagai bukti, pada saat melaporkan bisa disertakan video atau foto. Kemudian petugas kami akan melakukan cek data apakah laporan tersebut valid atau tidak. Jika valid, maka akan kami tindak lanjuti dengan melibatkan instansi/opd terkait dengan permasalahan tersebut,” terang Kepala Seksi Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial pada Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P2KB) Kota Pekalongan, Dwijo Priyono.

Dengan layanan terpadu, UPKSAI bisa menggerakan berbagai pihak untuk berkolaborasi bersama dalam membangun pondasi pencegahan dan penanganan korban kekerasan anak. “Tugas UPKSAI adalah mencegah atau mengantisipasi masalah tersebut berkembang menjadi kasus kekerasan. Sebab, kasus kekerasan anak bisa di tekan sejak indikasi permasalahan mulai muncul. Di sinilah peran UPKSAI,” katanya.

Usai dilaunching pada Desember 2020 lalu UPKSAI Kota Pekalongan baru melayani satu kasus kekerasan pada anak. Layanan UPKSAI menangani permasalahan sosial anak (0-18 tahun), baik masalah pendidikan, ekonomi, kesehatan dan masalah lain yang menimpa anak-anak.

“Yang membedakan dengan LP-PAR (Lembaga Perlindungan Perempuan, Anak, dan Remaja) adalah UPKSAI menangani sebelum kasus terjadi sedangkan LP-PAR menangani setelah terjadi kasus,” tambah Dwijo.

Masyarakat bisa memanfaatkan layanan ini, dengan datang langsung ke kantor layanan UPKSAI di jalan Sriwijaya No 40. Untuk jam layanannya, Senin–Kamis pukul 08.00-14.00 WIB dan hari Jumat pukul 08.00-11.00 WIB.(nul)