Apindo Butuh Kepastian Air Bersih, PUDAM Siap Layani

by
RAPAT KERJA - Dirut PUDAM Sendang Kamulyan saat silaturahim dan rapat kerja dengan Apindo, Jumat (28/5/2021).

BATANG – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Sendang Kamulyan akhirnya berkesempatan bersilaturahmi sekaligus rapat kerja dengan jajaran Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Batang, Jumat (28/5/2021). Dalam rapat kerja tersebut, Apindo menanyakan kepastian pemenuhan kebutuhan air bersih untuk dunia usaha yang langsung dijawab dengan kesanggupan oleh PUDAM.

Direktur Utama PUDAM Sendang Kamulyan Kabupaten Batang, Yulianto SH mengatakan, rapat kerja tersebut secara umum membahas dua isu strategis saat ini, yakni terkait UU Cipta Kerja dan realisasi Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Batang 2019-2039, utamanya bertalian dengan kesiapan PUDAM memenuhi kebutuhan air bersih untuk dunia usaha dan industri.

“Kami ikut mensosialisasikan tentang ketentuan Perda RTRW, khususnya menyangkut klausal larangan penggunaan air bawah tanah sebagaimana telah ditegaskan Bapak Bupati. Nah, ketika penggunaan air bawah tanah ini distop, pertanyaan pengusaha kan simpel, bagaimana kepastian pemenuhan kebutuhan air bersih mereka, PUDAM Sendang Kamulyan siap tidak memenuhi itu,” terang Yulianto.

Menjawab tantangan tersebut, Yulianto pun kembali menegaskan kesiapan Perumda yang dipimpinnya untuk memenuhi kebutuhan air bersih dunia usaha dan industri di Kabupaten Batang. “Terlebih, ke depan Batang akan menjadi kota industri strategis, sehingga atas arahan Pak Bupati, kami juga telah mengantisipasinya agar bisa menangkap kebutuhan dan peluang yang ada. Prinsipnya, PUDAM Sendang Kamulyan berkomitmen untuk melayani kebutuhan air bersih, baik domestik maupun dunia usaha dan industri. Ketika ada permintaan dari perusahaan, kami pasti siap melayani,” tandasnya.

Sebagai bukti kesiapan dimaksud, lanjut Yulianto, PUDAM Sendang Kamulyan sudah menambah kapasitas air bersih, baik bersumber dari existing maupun penambahan dari SPAM Regional Petanglong.