Pasar Malam Dibubarkan Satgas

oleh -
LANGGAR PROKES - Kegiatan pasar malam di kawasan Stadion Hoegeng Kota Pekalongan dibubarkan oleh Satgas Covid-19 Kota Pekalongan karena menimbulkan kerumunan dan melanggar protokol kesehatan, Minggu (16/5/2021) malam.

**Karena Melanggar Prokes

KOTA – Kegiatan pasar malam yang digelar di Kawasan Stadion Hoegeng Kota Pekalongan dibubarkan paksa oleh tim yang tergabung dalam Satgas Covid-19 Kota Pekalongan, Minggu (16/5/2021) malam.

Langkah pembubaran dilakukan karena Satgas menilai telah terjadi pelanggaran protokol kesehatan (prokes) di kegiatan pasar malam tersebut. Di lokasi tersebut terjadi kerumunan, tidak ada pengaturan jarak, serta banyak pedagang maupun pengunjung yang tak mengenakan masker. Hal itu berpotensi besar menyebabkan penyebaran Covid-19.

Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid yang juga Ketua Satgas Covid-19 Kota Pekalongan, membenarkan adanya pembubaran kegiatan pasar malam tersebut.

Menurutnya, pembubaran ini sesuai instruksi dari Pemerintah Kota Pekalongan maupun Pemerintah Provinsi Jawa Tengan (baik itu Gubernur, Kapolda, maupun Pangdam) untuk lebih memperketat kegiatan-kegiatan di masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Afzan mengatakan, sebelumnya panitia saat mengajukan izin kegiatan menyatakan akan sanggup memberlakukan protokol kesehatan. Tetapi dalam perjalanannya, ternyata terjadi pelanggaran prokes. Satgas pun sebelumnya telah memberikan peringatan satu kali terhadap panitia atau penyelenggara. “Ternyata tadi malam puncaknya mereka belum menerapkan protokol kesehatan,” kata Afzan, Senin (17/5/2021) pagi.