Patroli Keliling, Bupati dan dan Forkopimda Bubarkan Kegiatan Takbir Keliling

by
Bupati dan Forkopimda menyerahkan bingkisan untuk petugas yang berjaga di pos pemantau Alun-alun Batang. Istimewa

Batang – Takbir keliling yang digelar sejumlah warga di Kecamatan Warungasem, dibubarkan oleh Bupati Batang, Wihaji dan jajaran Forkompinda yang tengah menggelar patroli bersama pada Rabu (12/05/2021) malam.

Pembubaran dilakukan, karena sebelumnya pemerintah pusat maupun daerah telah mengeluarkan keyentuan terkait larangan kegiatan tersebut.

“Tadi pas patroli, kebetulan ada kegiatan takbir keliling oleh warga di wilayah Kecamatan Warungasem, dan langsung kita bubarkan. Karena sesuai instruksi pemerintah, tidak ada takbir keliling,” ungkap Bupati Wihaji ditemui di Pos Pelayanan Alun-alun, Kabupaten Batang, Rabu (12/5/2021).

Bupati Wihaji menjelaskan, larangan kegiatan takbir keliling pada malam Idul Fitri 1442 H dikeluarkan guna mencegah penularan Covid-19 sebagai langkah antisipasi menghindari dan mencegah penularan COVID-19.

“Saya imbau juga dalam penindakannya secara persuasif, karena ini hari kemenangan yang suasananya gembira setelah satu bulan penuh kita menjalani ibadah puasa di Ramadan. Takbir, memang mengagungkan asma Allah sekaligus bersyukur, maka tetap diberikan ruang tetapi wajib protokol kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah,” jelas Bupati.

Bupati didampingi Kapolres Batang, AKBP Edwin Louis Senka dan jajaran Forkompinda menjelaskan, kegiatan patroli bersama selain untuk memantau kondisi daerah pada malam jelang Idul Fitri, juga digelar guna mengantisipasi adanya takbir keliling dan kerumunan warga. Tidak hanya itu, patroli juga dilakukan guna mengantisipasi titik – titik rawan tawuran di malam idulfitri.

“Jajaran Polres dan Kodim 0736 Batang telah melakukan antisipasi di wilayah atau desa yang rawan tawuran, dan Insyallah aman,” lanjut Bupati.

Kapolres Batang AKBP Edwin Louis Sengka menambahkan, pihaknya telah menerjunkan personil kemananan sebanyak 560 petugas, terdiri dari Anggota Polres, Kodim 0736, Dishub dan Satpol PP.

“Kalau memang ditemukan takbir keliling kita hanya memberikan teguran secara persuasif. Tapi pada intinya dilarang takbir keliling, tadi kita lewat di Kecamatan Warungasem ketemu dan kita sampaikan teguran dan bubarkan,” beber Kapolres.

Kapolres menambahkan, dari hasil laporan disetiap kecamatan untuk takbir keliling belum diketemukan atau nihil. “Berdasarkan laporan jajaran, malam jelang Idul Fitri 1442 H di wilayah Kabupaten Batang berjalan kondusif,” tandas Kapolres. (don)