Apes, Kawanan Residivis Spesialis Copet Pasar Kepergok Massa, Sehari Bisa Kantongi Rp 750 ribu

by

KAJEN – Kawanan Residivis Spesialis copet di wilayah Pasar Induk Kajen, Selasa (11/05/2021) kepergok massa dan diamankan aparat Kepolisian. Adapun tersangka Alwan alis Wawan (37) Desa/ Kecamatan Wanayasa 3/3 Banjarnegara diamankan bersama sejumlah barang bukti hasil kejahatan.

Pencopetan terjadi kurang lebih pukul 09.00 wib saat Rusdi (Korban) tiba di Pasar Kajen untuk berbelanja keperluan hari raya Idhul Fitri. Kemudian kurang lebih 09.30 wib saat ia berada di kios pakaian melihat dan curiga gerak gerik tersangka karena saat itu tubuh tersangka memepet tubuh korban dari samping kanan.

Beberapa saat kemudian korban berjalan lagi mencari pakaian di toko lainya saat melintas di simpang tiga kios pakaian korban meraba uang yang semula di simpan di saku samping kanan ternyata tidak ada. Adanya kejadian itu kemudian memberitahukan kepada temannya. Karena sebelumnya teman korban curiga dengan gerak gerik tersangka langsung mengajak korban untuk mencarinya.

Setelah bertemu korban langsung meminta tersangka untuk mengembalikan uang yang diambil bahkan tersangka mengakui perbuatan tersebut. Saat itu tersangka berusaha melarikan diri yang selanjutnya secara spontan korban berteriak (COPET COPET.

Dengan teriakan korban tersangka berhasil di amankan warga dan anggota Polisi Polsek Kajen yang tengah patroli di lokasi beserta barang buktinya. Adapun atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp. 750.000.

Kapolsek Kajen Iptu Isnovim menegaskan bahwa dalam aksinya pelaku berkelompok 4 orang janjian ketemuan di Linggo karena mereka berasal dari Banjarnegara. Mereka bergerak ke Pasar Kajen dan mereka masing-masing mencari sasaran pelaku.

“Saat beraksi satu dengan lainnya saling membackup. Pada waktu itu tersangka melihat ada korban yang pakai celana jin kelihatan bawa uang terus sama pelaku diraba sakunya. Setelah dipastikan ada uang pelaku mulai beraksi namun namun diketahui oleh teman korban dan setelah dilakukan pencarian ketamu, ” katanya.

Jadi semenjak jelang lebaran Pasar Kajen sejak awal sudah antisipasi dengan cara pemasangan spanduk ‘Awas ada copet’ selain itu juga penempatan personil baik yang terbuka maupun tertutup sehingga pada waktu ada kejadian langsung Segera ada di TKP.

Adapun untuk mempertanggung jawabkan perbuatanya tersangka dikenakan pasal 362 KUHP. Sedangkan untuk barang bukti berupa uang tunai Rp. 750.000,switer warna kombinasi putih hitam merah sepeda motor Honda Beat warna putih biru Plat nomor Polisi terpasang G 6007 WW dan tas selempang warna abu-abu. (Yon)