Program ‘Ifthor On The Road’, Al Irsyad Bagikan Ribuan Paket Makanan Buka Puasa untuk Masyarakat

by
BERBAGI - Ratusan paket makanan untuk berbuka puasa dibagikan ke warga yang melintas di depan SD Al-Irsyad Al-Islamiyah, Jalan Bandung, Kota Pekalongan dalam kegiatan 'Ifthor On The Road' dari Al-Irsyad Pekalongan, Senin (10/5/2021) sore. WAHYU HIDAYAT

KOTA PEKALONGAN – Selama bulan Ramadan 1442 Hijriyah, Pengurus Cabang (PC) Al-Irsyad Kota Pekalongan bersama Yayasan Al-Irsyad Pekalongan, Yayasan Az-Zubair bin Al-Awwam, dan RS Siti Khodijah Pekalongan setiap harinya membagi-bagikan ribuan paket makanan untuk berbuka puasa bagi masyarakat terutama kaum muslimin di Kota Pekalongan melalui Program ‘Ifthor On The Road’.

Salah satunya kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (10/5/2021) sore menjelang waktu berbuka di depan Gedung SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah, Jalan Bandung, Kota Pekalongan. Sejumlah orang perwakilan dari PC Al-Irsyad Kota Pekalongan, Yayasan Al-Irsyad Pekalongan, Yayasan Az-Zubair bin Al-Awwam, RS Siti Khodijah Pekalongan, serta para pemuda dan pelajar di bawah naungan Lajnah Pemuda dan Pelajar Al-Irsyad Kota Pekalongan membagi-bagikan 300 bungkus atau paket makanan untuk berbuka puasa.

Sasarannya adalah para pengguna jalan maupun masyarakat yang kebetulan melintas di lokasi. Dalam waktu singkat, paket makanan tersebut sudah luder dibagikan ke warga.

Perwakilan dari Lajnah Sosial PC Al-Irsyad Kota Pekalongan, Hamzah Makky, mengatakan Program Ifthor On The Road tersebut dilakukan selama lima hari berturut-turut, pada 7-11 Mei 2021 di lima lokasi berbeda.

Selain itu, ungkap Hamzah, pembagian makanan untuk berbuka puasa juga rutin dilaksanakan tiap hari selama bulan Ramadan di tiga masjid di Kota Pekalongan yang bernaung di bawah Yayasan Al-Irsyad Pekalongan dan Yayasan Az Zubair Al Awwam Pekalongan. “Ketiga masjid tersebut yakni Masjid RS Siti Khodijah dibawah naungan Yayasan Al-Irsyad Pekalongan, sedangkan Masjid Imam Syafii di Jalan Toba, dan Masjid Aisyah di Perumahan Sapphire dibawah naungan Yayasan Az Zubair Al Awwam Pekalongan.

Tiap hari di masjid-masjid tersebut dibagikan sekitar 500 paket makanan. “Berarti sampai hari ini sudah sekitar 16.500 paket menu buka puasa yang kita bagikan,” ungkap Hamzah, didampingi Minwar L Bawazier selaku perwakilan dari Yayasan Al-Irsyad dan PC Al-Irsyad Kota Pekalongan, dan Mohammad Ahnaf Attamimi selaku Ketua Divisi Sosial Yayasan Az-Zubair bin Al-Awwam.

Menurut Hamzah, kegiatan tersebut tujuannya tak lain adalah untuk beramal. “Karena seuai hadist Nabi, siapapun yang memberi makanan untuk berbuka bagi orang yang berpuasa, maka pahalanya sama dengan orang yang berpuasa itu sendiri,” tuturnya.

Mewakili Yayasan Al-Irsyad dan PC Al Irsyad Kota Pekalongan, Minwar, menambahkan kegiatan tersebut sebagai bentuk sumbangsih Al-Irsyad bagi masyarakat terutama umat muslim di Kota Pekalongan, tanpa membeda-bedakan satu sama lain. (way)