Tangani Stunting, PKK Siapkan Formula Khusus

by
DIALOG - Ketua Tim Penggerak PKK Kendal Chacha Frederica saat berdialog dengan anak-anak di Kelurahan Bandengan.

KENDAL – Penanganan stunting di Kabupaten Kendal akan menggunakan formula khusus, yakni dengan terjun langsung ke lapangan. Kalau biasanya ibu-ibu yang datang ke Posyandu, ke depan justru petugas yang akan jemput bola ke masyarakat.

“Pola lama harus ditinggalkan. Petugas posyandu yang harus turun kunjungi ibu-ibu untuk melihat kondisi anaknya,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Kendal, Chacha Frederica Dico Ganinduto, saat mendatangi kaum hawa di Kelurahan Bandengan, Kecamatan Kendal, kemarin.

Sesuai data, angka stunting di Kabupaten Kendal saat ini mencapai 5017 kasus, namun secara real tidak diketahui, bahkan bisa jadi lebih besar dari jumlah tersebut. Pasalnya data yang ada saat ini adalah perhitungan anak yang didata dan datang ke posyandu. Dengan sistem baru yang akan dilakukan, Chacha yakin akan tampil data yang sebenarnya dan baru bisa ditindaklanjuti dengan ketepatan sasaran sehingga jika memang turun akan nyata angka stunting turun.

“Kami akan ketuk pintu rumah keluarga yang mempunyai anak stunting dan ini relatif efektif karena kalau menunggu mereka datang ke posyandu maka akan lebih lama cara penangananya,” terang Chacha.

Chacha mengaku tidak takut jika sistem diberlakukan maka ada kemungkinan akan terjadi kenaikan yang signifikan karena ini perhitungan nyatanya. “Dengan datangi masyarakat kami akan hitung anak stunting dan berisiko stunting . Konsekwensinya adalah kebaikan jumlah namun itu nyata, baru kita pikirkan formula penurunannya dengan tepat dan cepat,” ujarnya.