Alhamdulillah, Tren Laju Covid-19 Menurun

by
KETERANGAN - Kepala Dinas Kesehatan Ferinando Rad Bonay saat berikan keterangan ke wartawan terkait trend penurunan penyebaran Covid-19 di Kendal.

KENDAL – Di awal Ramadan, penyebaran Covid -19 di Kabupaten Kendal sempat mengalami kenaikan. Namun mulai pertengahan Ramadan kembali menunjukkan tren menurun.

“Sebelum Ramadan, rata-rata ada 9 orang per hari. Namun tiba-tiba pada awal Ramadan naik menjadi 11 orang per hari,” kata Kepala Dinas Kesehatan Ferinando Rad Bonay, Jumat (7/5/2021).

Petugas pun kembali melakukan pengetatan, baik razia masker maupun pengetatan terhadap warga hendak mudik. “Mulai pertengahan Ramadan penyebarannya sudah turun lagi, rata-rata per hari 10 orang,” ungkap Ferinando.

Untuk mengantisipasi warga yang mudik, pihaknya sudah memberikan 50 alat bantu rapid test antigen pada masing-masing puskesmas agar bisa difungsikan untuk screening Covid-19. Satgas di tingkat PPKM Mikro diwajibkan melaporkan warga yang baru mudik untuk dilakukan pemeriksaan tes swan antigen.

“Untuk sementara baru Kecamatan Pageruyung yang sudah melaporkan, ada 49 warga yang mudik dan sudah dilakukan tes swab antigen, sehingga minta tambahan alat bantu rapid tes antigen. Untuk hasil tes swabnya negatif sema,” terangnya.