Objek Wisata Tetap Buka, Jumlah Pengunjung Dibatasi

by
Sutarno Kepala Dinparbudpora Kota Pekalongan

KOTA – Objek wisata di Kota Pekalongan tetap diperbolehkan buka selama libur Lebaran 2021. Meski demikian, pengelola objek wisata wajib memperhatikan protokol kesehatan (prokes), terutama pembatasan jumlah pengunjung yakni 30% dari kapasitas tempat.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga (Dinparbudpora) Kota Pekalongan Sutarono menuturkan, selain membatasi jumlah pengunjung, pengelola juga harus membatasi jam operasional objek wisata sampai pukul 15.00 WIB. Hal ini menurutnya sesuai dengan kebijakan pemerintah Kota Pekalongan dalam pemberlakukan PPKM skala mikro.

“Objek wisata tetap kami perbolehkan beroperasi. Tetapi harus dilakukan secara ketat penerapan protokol kesehatannya sehingga tidak terjadi penambahan angka Covid-19, apalagi menjelang masa cuti Lebaran ini,” ungkap Sutarno, Kamis (6/5/2021).

Sunarto mengatakan bahwa sebetulnya, objek wisata di Kota Pekalongan sudah menerapkan pembatasan kuota pengunjung 30% sehingga pembatasan kuota tidak menjadi masalah bagi para pengelola wisata.

Terkait dengan adanya larangan mudik Idulfitri 1442 Hijriyah pada 6-17 Mei, Sutarno menjelaskan bahwa masyarakat yang dapat berlibur itu hanya yang berada di dalam kota, bukan lintas kota. Pihaknya juga akan menyiagakan petugas lapangan bersama dengan tim Satgas Covid-19 untuk melakukan pemantauan dan pengawasan di beberapa tempat wisata, baik yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta.

“Monggo kalau mau berwisata, tetapi jangan lupa untuk menerapkan prokes. Bagi pengelola kami minta untuk menyediakan sarpras seperti penyediaan alat cuci tangan, handsanitizer, dan pembatasan jam operasional. Bagi masyarakat juga jangan abai prokes,” imbuhnya. (way)