Giliran Bupati Larang Takbiran Keliling

oleh -
KETERANGAN - Bupati Wihaji memberikan keterangan kepada awak media terkait protokol pelaksanaan Lebaran 2021, kemarin.

BATANG – Setelah Polres Batang, larangan pawai takbir keliling Lebaran 2021 juga turut disuarakan oleh Bupati Batang, Wihaji. Politisi asal Partai Golkar itu mengeluarkan maklumat agar masyarakat tidak menggelar takbir keliling pada saat malam Idul Fitri, mengingat kondisi sekarang masih di tengah pandemi Covid-19.

“Kegiatan takbiran (keliling malam Lebaran) kami larang. Kami tegaskan jangan sampai ada takbiran keliling,” tegas Bupati Wihaji, kemarin.

Menurut dia, larangan kegiatan takbir keliling tersebut sebagai upaya untuk mendisiplinkan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan. Sesuai dengan instruksi Kapolri, kata dia, pendisplinan secara persuasif, preemtif, preventif, dan humanis.

“Pengetatan juga tidak hanya pada kegiatan takbir keliling, tetapi ada larangan melakukan open house hingga buka bersama. Ini semua untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Bupati Wihaji juga meminta masyarakat agar menaati instruksi pemerintah pusat yang sudah melalui banyak pertimbangan dalam upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19. Semua kebijakan itu disebutnya demi kebaikan masyarakat itu sendiri, yakni pandemi segera terkendali dan ekonomi bisa secepatnyaa pulih.