Puluhan Pemudik Tak Kantongi Surat Rapid Test

by
RAPID TEST - Puluhan pemudik dari arah Jakarta terjaring penyekatan di jalur Pantura Kendal, Kamis (06/5/2021).NUR KHOLID MS

*Terjaring Penyekatan di Pantura Kendal

KENDAL – Puluhan pemudik dari arah Jakarta terjaring penyekatan di jalur Pantura Kendal, Kamis (06/5/2021). Saat diperiksa petugas, mereka yang kebanyakan menggunakan mobil travel tersebut tidak bisa menunjukan surat keterangan hasil rapid test dan langsung didata dan dirapid test antigen.

Pantauan Radar Pekalongan, penyekatan pemudik dilakukan tim gabungan jajaran Kepolisian Polres Kendal itu dilakukan di jalur Pantura Kendal, tepatnya perbatasan Kendal-Batang. Pada hari pertama larangan mudik tersebut, petugas gabungan berhasil menjaring puluhan pemudik dari Jakarta. Satu persatu kendaraan dengan plat nomor Jakarta dan luar Jawa Tengah langsung diperiksa oleh petugas. Puluhan pemudik tersebut nekat pulang ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Untuk menghindari penyebaran Covid-19, mereka dirapid test antigen di lokasi.

Kabagops Polres Kendal, Kompol Winarno Panji Kusumo mengatakan, penyekatan ini dilakukan untuk mencegah pemudik yang masih nekat pulang kampung meski ada larangan dari pemerintah. Dalam penyekatan yang dilakukan, petugas gabungan telah menjaring puluhan pemudik yang tak melengkapi dengan surat keterangan rapid test.
“Karena tak ada surat rapid test, mereka yang terjaring langsung dilakukan tes antigen di lokasi,” katanya.

Ahmad Fauzi, salah seorang pemudik asal Bojonegoro, Jawa Timur mengaku terpaksa nekat pulang kampung karena sudah bertahun-tahun tak bertemu dengan keluarga. Ia mudik dari Jakarta dengan menggunakan angkutan travel. “Kangen keluarga, karena sudah bertahun-tahun tidak pulang mas. Tahu ada larangan mudik,” katanya.

Dari puluhan pemudik yang terjaring penyekatan, hasil rapid antigen menunjukkan negatif. Oleh tim petugas gabungan, mereka dipersilahkan melanjutkan perjalanan dan tetap mematuhi protokol kesehatan. (lid)