Intensifkan Patroli Jalur Tikus

by
CEK KENDARAAN - Usai gelar pasukan operasi ketupat candi, Kapolres Kendal AKBP Raphael Sandy Cahya Priambodo melakukan pengecekan kendaraan kendaraan.

**Polres Siapkan 9 Pospam

KENDAL – Upaya penyekatan jalan yang dilakukan Polres Kendal dalam upaya menghalau para pemudik bisa saja disiasati para pemudik dengan mengambil jalur tikus. Karena itu, sebagai antisipasi jajaran Polres Kendal akan mengintensifkan kegiatan patroli di jalur tikus yang berada di wilayah atas berbatasan dengan Kabupaten Temanggung, Batang dan Kabupaten Semarang.

Pasalnya, di tengah masifnya upaya kepolisian mengamankan kebijakan larangan mudik melalui upaya penyekatan di jalur tol maupun Pantura, pemudik dimungkinkan akan mencari jalan alternatif untuk menghindari petugas.

“Patroli jalur tikus selain untuk mengamankan wilayah, juga mencegah masuknya pemudik yang mencoba mencari jalan alternatif agar bisa menghindari dari penyekatan,” kata Kapolres Kendal, AKBP Raphael Sandy Cahya Priambodo, usai gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2021 di Mapolres Kenda, Rabu (5/5/2021)

Raphael mengungkapkan, pada jalur tikus tidak didirikan pos pam. Namun demikian, Polres Kendal telah menyiapkan 9 pos pam yang disebar di 3 perbatasan, 3 pintu keluar tol Semarang Batang dan 2 di rest area serta 1 pos induk di alun-alun Kendal. “Dari penyekatan yang sudah dilakukan belum ada pemudik yang diminta putar balik, namun sudah didata,” ungkapnya.

Dalam Operasi Ketupat Candi 2021, Polres Kendal menerjunkan 306 personel dan akan mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kendal dan Kodim 0715 Kendal hingga total yang dilibatkan dalam pengamanan berjumlah 600 orang. “Penyekatan yang dilakukan di jajaran Polres Kendal untuk mengimbangi penyekatan yang ada 14 titik di Jawa Tengah,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki mengatakan, pemerintah daerah siap membantu pelaksanakaan Operasi Ketupat Candi 2021 dengan meningkatkan peran satgas covid di setiap desa.

“Tidak hanya itu, PPKM Mikro di desa ditingkatkan kembali dan memberi imbauan kepada warga yang mempunyai kerabat di luar daerah untuk tidak mudik terlebih dahulu,” katanya. (lid)