Pekerjaan Perkuatan Tebing Kali Loji Akan Segera Dimulai

by
RAKOR - Pemkot Pekalongan bersama forkopimda menggelar rapat koordinasi pelaksanaan pekerjaan pengamanan pantai dan perkuatan tebing Sungai Loji di ruang Kresna Setda Kota Pekalongan, Selasa (4/5/2021).

KOTA – Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Pusdataru) Provinsi Jawa Tengah bersama Pemerintah Kota Pekalongan dalam waktu dekat ini akan segera memulai tiga paket pekerjaan tanggul pengamanan pantai dan perkuatan tebing Kali Loji dan Bremi-Meduri.

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan Khaerudin merinci, ketiga paket pekerjaan itu, yang pertama yakni perkuatan tebing Kalo Bremi-Meduri. “Paket pekerjaan ini kontraktual senilai Rp2,5 miliar, akan dilaksanakan selama 200 hari kalender, atau sampai Oktober 2021,” jelas Khaerudin, Selasa (4/5/2021).

Kemudian, paket kedua, berupa pekerjaan perkuatan tebing Kali Loji, dengan anggaran senilai Rp2,6 miliar. “Tebing Kali Loji mulai dari depan Polres Pekalongan Kota sampai depan RS Budi Rahayu akan diperkuat menggunakan sheetpile, panjangnya kurang lebih 190 meter,” tuturnya.

Sedangkan paket ke tiga berupa pekerjaan pembuatan tanggul sebagai pengamanan pantai di Pantaisari sepanjang kurang lebih 400 meter, dengan anggaran senilai Rp2,6 miliar, dan lama pekerjaan 240 hari kalender. “Tinggi tanggulnya akan dibuat 70 centimeter di atas tanggul provinsi yang sebelah timur. Pekerjaan ini akan dimulai pada 6 Mei 2021,” bebernya.

Khaerudin mengungkapkan, ketiga paket pekerjaan itu semuanya sudah tahap penandatanganan kontrak (SPK). Termasuk yang pekerjaan perkuatan tebing Kali Loji sepanjang 190 meter, rencana awal akan dimulai 6 Mei ini.