Masuk Kota Pekalongan, Dua Pemudik Positif Covid-19

by
PENYEKATAN - Petugas gabungan saat melakukan kegiatan penyekatan di Exit Tol Setono.

KOTA – Dua orang pemudik yang masuk ke Kota Pekalongan, terdeteksi positif Covid-19 dari hasil rapid test antigen yang dilakukan petugas gabungan dalam kegiatan penyekatan pemudik di Exit Tol Setono. Kedua pemudik tersebut, masing-masing berasal dari Ambarawa, Kabupaten Semarang dan dari Slawi, Kabupaten Tegal.

Data itu diungkapkan Kabag Ops Polres Pekalongan, Kompol Mandala dalam paparanya saat Rakor Lintas Sektoral menghadapi Idulfitri, Selasa (4/5/2021). Kompol Mandala mengatakan, dengan adanya hasil tersebut maka keduanya diminta untuk putar balik dan kembali ke wilayah asal masing-masing.

“Ada dua pemudik yang masuk Kota Pekalongan dan dilakukan tes hasilnya positif. Berdasarkan hasil koordinasi dengan Dinkes, mereka diminta untuk putar balik ke wilayah maisng-masing. Dari Gugus Tugas Covid-19 Kota Pekalongan juga telah berkoordinasi dengan daerah asal pemudik tersebut untuk melakukan pengecekan, tracing, maupun langkah lain,” tuturnya.

Dari hasil penyekatan yang sudah berjalan selama satu pekan, Kompol Mandala mengatakan bahwa tercatat sudah ada 404 pemudik yang masuk ke Kota Pekalongan.

Namun dia menyatakan, kendala yang dihadapi dalam kegiatan penyekatan yakni habisnya alat rapid test antigen. Untuk itu dia berharap agar ke depan untuk diprioritaskan pengadaan alat rapid test antigen di pos Exit Tol Setono. Sebab banyak tidaknya kasus Covid-19 dalam momentum mudik kali ini juga dipengaruhi dari kedatangan pemudik dari luar kota.

“Sehingga kami minta tolong untuk alat rapid test antigen di penyekatan Exit Tol Setono bisa diprioritaskan. Yang kami khawatirkan adanya eksodus kasus Covid-19 dari luar kota,” harapnya.(nul)