Inspiratif, Pengusaha Batik Gelar Lomba Baca Alquran untuk Tukang Becak

by
TAMPIL - Salah satu peserta lomba membaca Alquran bagi para tukang becak saat tampil dalam kegiatan yang digelar salah satu pengusaha batik tersebut.

KOTA – Kegiatan inspiratif dilaksanakan oleh Jayanti, seorang pengusaha batik asal Kota Pekalongan dalam mengisi bulan Ramadan. Dia menggelar lomba membaca Alquran dengan peserta khusus para tukang becak. Lomba yang diikuti oleh 40 orang itu digelar di halaman kediamanya di Kelurahan Medono, Senin (3/5/2021).

Satu per satu para peserta yang merupakan tukang becak di wilayah Kota Pekalongan, hadir secara bergantian tak berurutan. Mereka kemudian maju membacakan dua surat Alquran yakni surat wajib Al Fatihah dan satu surat pendek lain yang dipilih oleh juri. Tak seperti lomba yang diikuti peserta umum di mana peserta maju secara berurutan, dalam lomba tersebut para peserta datang dan maju secara tak berurutan. Mereka hadir sesuai dengan waktu yang dimiliki di sela-sela kesibukan mencari nafkah.

Panitia pun memaklumi kondisi tersebut. Sehingga memberikan kelonggaran kepada peserta yang tak perlu hadir secara berurutan. Mereka diberikan waktu untuk hadir antara pukul 09.00 hingga pukul 12.00.

Pencetus kegiatan, Jayanti, mengaku bahwa kegiatan tersebut baru pertama kali digelar. Tujuan utamanya yakni bersedekah kepada para tukang becak sekaligus mengajak mereka untuk rajin membaca Alquran. Dia mengaku mendapatkan ide menggelar kegiatan itu setelah beberapa kali berinteraksi dengan para tukang becak melalui berbagai kegiatan.

“Saya lihat kondisi mereka saat ini kesulitan karena berpacu dengan ojek online. Bahkan dalam satu hari bisa tidak dapat penumpang. Dari situ saya melihat orang-orang seperti inilah yang perlu dibantu. Niat kami hanya sedekah, dan ternyata mereka ini memang rajin membaca Alquran di sela-sela menunggu penumpang,” tutur Jayanti.