2021, 5.000 Tempat Ibadah Ditarget Kantongi IMB

by
PEMUTIHAN - Saat launching pemutihan IMB gratis tempat ibadah oleh Bupati Kendal, setidaknya sudah 200 tempat ibadah yang mendapatkan pemutihan IMB tersebut.

*Tahap Awal, 200 Rumah Ibadah Dapat Pemutihan

KENDAL – Problem rumah ibadah di Kabupaten Kendal yang sebagian besar belum mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sepertinya benar-benar menjadi perhatian pemerintah daerah setempat. Terbukti, sebanyak 200 rumah ibadah akhirnya resmi mendapatkan pemutihan IMB.

Hal itu diketahi saat Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, melaunching program pemutihan IMB alias IMB gratis bagi tempat-tempat ibadah di Kabupaten Kendal, Kamis (29/4/2021) lalu. Kegiatan itu menjadi rangkaian Safari Ramadan sekaligus peringatan Nuzulul Quran yang dipusatkan di Pendopo Tumenggung Bahurekso.

Rangkaian acara dimulai dengan buka bersama, magrib berjamaah, isya dan terawih berjamaah, kemudian acara dilanjut dengan Pemberian IMB 200 Bangunan Ibadah, Pemberian Bantuan melalui Baznas dan Pelaksanaan Vaksin.

Bupati Dico M Ganinduto mengaku prihatin, bahwa sebagian besar tempat ibadah di Kabupaten Kendal belum memiliki IMB. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Kendal memfasilitasi secara gratis pemutihan IMB. “Ini ikhtiar kami untuk meningkatkan kualitas tempat-tempat ibadah di Kabupaten Kendal,” katanya.

Sementara itu, Sekda Kendal, Moh Toha menjelaskan, bahwa pemutihan IMB untuk tempat ibadah di Kabupaten Kendal tanpa dipungut biaya. Saat ini sudah ada 1.000 lebih tempat ibadah yang mendaftar pemutihan IMB. Targetnya pada akhir tahun ini seluruh tempat ibadah yang berjumlah hampir 5.000 sudah memiliki IMB.