Larangan Mudik, Warga Beralih ke Mobil Pribadi

by
RAMAI - Sejumlah titik di wilayah Kota Santri bakal dilakukan pengetatan saat diberlakukan larangan mudik lebaran 1442 H.

“Namun demikian ada pengecualian kendaraan seperti dinas operasional ASN, TNI Polri yang digunakan untuk kendaraan dinas atau petugas jalan tol dan lainnya,” terangnya.

Meskipun sudah ada larangan supaya pelaku perjalanan membawa Surat Keterangan, namun kenyataanya masing masing pemudik ketangkap di Kampung dan tercatat ribuan. Data ini trendnya akan meningkat karena sebelum tanggal 6 masih bersifat persiapan larangan.

Dijelaskan, Kabupaten Pekalongan terdapat Jalan nasional sepanjang 9,3 KM dan ada beberapa jalan provinsi dan kabupaten yang perlu diawasi. Apabila mudik diasumsikan dari Jakarta maka ada 5 titik jalan masuk ke Kabupaten Pekalongan. Pertama masuk di gerbang jalan nasional Tumbal, kemudian perbatasan Lasar Mrican, Sragi, Pendowo, Muncang dan paling selatan ada di Kesesi.

“Ini ada 5 titik masuk yang menghubungkan wilayah Pemalang -Kabupaten Pekalongan. La titik tersebut merupakan area yang bisa dimasukin dari luar, untuk dari samping ada kemungkinan akan ada yaitu dari selatan seperti Kaliboja. Kemudian dari arah timur pintu masuk Pandansari, Krompeng, Jembatan warung asem, Watusalam. Kalau kita mengasumsikan dari arah barat ini ada 5 titik dan kemungkinan besar pemudik ini masuk tidak dari jalur utama, ” tandasnya.(yon)