Larangan Mudik, Warga Beralih ke Mobil Pribadi

by
RAMAI - Sejumlah titik di wilayah Kota Santri bakal dilakukan pengetatan saat diberlakukan larangan mudik lebaran 1442 H.

**Karena Ada Larang Mudik
**Ada 5 Titik Pintu Masuk

KAJEN – Berdasarkan kebijakan tidak dioperasikannya angkutan Bus, Pesawat, Kereta api dan Kapal, maka diprediksi sesuai data kemungkinan pemudik akan beralih ke mobil pribadi sewa atau rental. Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pekalongan, H Wahyu Kuncoro saat paparan dalam Rapat Lintas Sektoral persiapan pengamanan lebaran 1440 Hijriyah.

“Diberlakukan larangan mudik maka akan terjadi pengalihan dari angkutan umum Bus ke mobil pribadi atau mobil sewa (rental),” terang Wahyu Kuncoro.

Selain mobil pribadi dan sewa, lanjut dia, para pemudik menggunakan sepeda motor juga akan mengalami peningkatan. Sebab mereka akan melalui jalur kecil agar terhindar dari penyekatan.

“Mudik menggunakan sepeda motor dipastikan akan mengalami peningkatan dan sesuai kebijakan larangan mudik mulai tanggal 6 sampai 17 Mei 2021,” lanjutnya.

Adapun larangan mudik ini dilakukan karena lebaran 1442 Hijriyah masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Dengan begitu maka busa mencegah penularan virus meskipun sudah ada program vaksinasi.

Kemudian ada pelaksanaan pengendalian dengan persyaratan dokumen atau titik pengetatan. Ini agar para pelaku perjalanan sudah memiliki surat tugas atau rekomendasi kesehatan.