Ramai, Pengunjung Hypermart Dites Rapid Acak

by
TES ACAK - Petugas gabungan dari Satpol PP Kota Pekalongan, Polres Pekalongan Kota, dan Kodim Pekalongan melakukan tes Antigen secara acak kepada beberapa pengunjung Hypermart, Minggu (2/5/2021) malam.

Menurutnya, langkah tersebut dilakukan sebagai upaya antisipasi penularan Covid-19, sekaligus membangun kewaspadaan seluruh masyarakat bahwa pandemi corona saat ini belum selesai. “Kita agak prihatin dengan pengunjung yang begitu banyak,” katanya.

Diungkapkan Sri Budi, sebenarnya manajemen pertokoan dan pusat perbelanjaan sudah melakukan pengaturan sedemikian rupa untuk menerapkan protokol kesehatan dan mencegah terjadinya kerumunan. Penerapan protokol kesehatan di dalam pertokoan atau pusat perbelanjaan menurutnya sudah cukup bagus. “Misalnya, yang boleh masuk hanya yang pakai masker, kemudian pengunjung yang masuk ke dalam diatur agar tidak berkerumun atau berjubel,” ujarnya.

Hanya saja, ungkap Sri Budi, yang perlu menjadi perhatian adalah pengunjung yang jumlahnya terlalu ramai bahkan sampai harus mengantre di depan pintu untuk menunggu giliran bisa masuk ke dalam pertokoan atau pusat perbelanjaan.

Dikhawatirkan, di saat terjadinya antrean itulah ada pengunjung yang abai terhadap protokol kesehatan dan terjadinya kerumunan. “Maka dilakukan pemeriksaan dan pemeriksaan rapid Antigen secara acak ke pengunjung, sebagai bentuk kewaspadaan kita,” tandasnya.

Sri Budi bersyukur, dari 10 orang yang dites rapid Antigen, kesemuanya negatif Covid-19. Meski demikian, pihaknya kembali mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati dengan penyebaran Covid-19 dengan menaati protokol kesehatan dan menghindari kerumunan.

“Kegiatan serupa akan kita lakukan lagi di waktu yang berbeda. Nanti akan kita koordinasikan lagi dengan pihak terkait. Sekali lagi diimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak abai dengan protokol kesehatan. Selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Jangan sampai terjadi lonjakan kasus Covid-19,” tegasnya lagi. (way)