Harga Komoditas Pasar Mulai Stabil

by
STABIL - Jelang Lebaran, harga kebutuhan pokok di pasar tradisional di Kabupaten Kendal masih relatif stabil. Kendati ada komodias yang naik, justru cabe dan bawang harganya turun drastis.

*Minyak Goreng Kemasan Malah Naik

KENDAL – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, harga kebutuhan pokok di pasar tradisional di Kabupaten Kendal masih relatif stabil. Hanya beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga, seperti minyak goreng kemasan. Kalau sebelumnya dijual di kisaran Rp 12,5 ribu – Rp 13 ribu, saat ini naik menjadi Rp 15 ribu – Rp 16 ribu.

Namun komoditas yang sebelumnya sempat naik tinggi, justru harganya turun drastis, yakni berbagai jenis cabe dan bawang. Harga cabe galak yang sempat mencapai Rp 90 ribu per kilogram, sekarang hanya Rp 45 ribu – Rp 50 ribu per kilogram. Cabe merah yang sempat naik mencapai Rp 50 ribu– Rp 70 ribu per kilogram, kini hanya Rp 20 ribu per kilogram. Untuk harga bawang putih Rp 22 ribu per kilogram, sebelumnya Rp 25 ribu per kilogram. Bawang merah per kilogram Rp 30 – Rp 33 ribu. Demikian pula harga telur ayam horn, yang sebelumnya Rp 24 ribu per kilogram, sekarang Rp 20 ribu per kilogram.

Pedagang sembako di Pasar Kendal, Hani mengatakan, turunnya harga kebutuhan pokok, kemungkinan karena sedang masa panen, sehingga stok melimpah. Faktor lainnya, bisa juga karena permintaan sedikit atau sepi pembeli.

“Rata-rata harganya stabil, yang naik hanya minyak goreng, kalau cabe sekarang harganya anjlok, karena stok melimpah dan sepi pembeli,” katanya, Minggu (2/5/2021).

Sementara itu, seorang pembeli, Kamiyah mengatakan, naiknya kebutuhan pokok tertentu tidak berpengaruh untuk membeli. Pasalnya sebagai ibu rumah tangga yang hanya membeli untuk konsumsi keluarga, harga berapa pun tetap membeli sesuai kebutuhan. Namun ia berharap harga-harga kebutuhan pokok bisa turun lagi.

“Karena butuh, harga berapa pun tetap membeli, tapi kalo bisa harganya turun,” harapnya. (lid)